Kompas.com - 29/01/2022, 13:09 WIB
Ilustrasi membawa kucing bepergian dengan mobil. SHUTTERSTOCK/ALENKA2194Ilustrasi membawa kucing bepergian dengan mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak bepergian dalam kurun waktu yang lama, mungkin kamu berkeinginan untuk turut serta mengajak kucing kesayanganmu di rumah.

Namun, apabila tidak ada persiapan khusus, membawa kucing bepergian bisa sangat merepotkan dan melelahkan, terlebih bagi kucing yang belum pernah diajak bepergian.

Maka dari itu, pastikan kamu telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat membawa kucingmu bepergian.

Baca juga: Hati-hati, Kucing Bisa Mabuk Perjalanan Saat Pergi dengan Mobil

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (29/1/2022), berikut ini adalah beberapa tips dalam membawa kucing bepergian agar mereka merasa nyaman.

Ilustrasi mainan kucing. Sering luput dari perhatian, mainan hewan peliharaan juga harus dibersihkan secara rutin. PIXABAY/CHRISTIAN BODHI Ilustrasi mainan kucing. Sering luput dari perhatian, mainan hewan peliharaan juga harus dibersihkan secara rutin.
Persiapkan keperluannya

Kucing dengan karakteristik yang jauh lebih tenang mungkin tidak akan banyak membawa keperluan tertentu.

Namun, apabila kucingmu adalah tipe kucing yang rewel, berikan perhatian yang ekstra dan keperluannya, entah itu mainan kesukaannya atau treat yang dapat diberikan untuk membuatnya tetap tenang.

Beri makan dan minum terlebih dahulu

Sebelum bepergian, ada baiknya kamu memberi makan maupun minum kepada kucingmu terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Tips Aman Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian dengan Pesawat

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila kucingmu kesulitan atau tidak mau makan selama bepergian.

Selain itu, pastikan juga kucingmu sudah buang air sebelum hendak membawanya bepergian. Hal ini berguna agar nantinya kamu tidak perlu repot dan berurusan dengan kotorannyan sepanjang perjalanan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.