Kompas.com - 29/01/2022, 10:04 WIB
Ilustrasi menyemprotkan fungisida pada tanaman. SHUTTERSTOCK/ADRAGANIlustrasi menyemprotkan fungisida pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya tanaman, kerap kali terjadi gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Gangguan ini berasal dari serangan hama, serangga, atau organisme pengganggu tanaman lainnya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (29/1/2022), jamur atau fungi adalah salah satu organisme pengganggu tanaman yang menyerang bagian tanaman, hingga mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan.

Jamur pengganggu tanaman bisa menyerang semua bagian tanaman baik, akar, batang, daun, ranting ataupun buah. Penyebaran jamur pengganggu tanaman bisa melalui air, udara dan serangga yang membawanya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Boneka Bulu

Ilustrasi jahe. PIXABAY/PDPICS Ilustrasi jahe.

Bagian tanaman yang terserang jamur pengganggu, jika dibiarkan akan menyebabkan pembusukan hingga kematian tanaman. Penanggulangan atau penanganan dengan cepat akan mampu mencegah terjadinya pembusukan.

Penyemprotan dengan menggunakan fungisida adalah salah satu cara untuk mengendalikan serangan jamur pengganggu tanaman. Namun, fungisida dari bahan kimia masih sangat sering digunakan.

Padahal penggunaan bahan kimia pada tanaman secara terus-menerus membawa dampak negatif bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Selain fungisida kimia, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman untuk membuat fungisida nabati.

Penggunaan fungisida nabati lebih aman terhadap lingkungan dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya. Fungisida nabati juga berpengaruh pada hasil produksi tanaman yang dihasilkan menjadi lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Ampuh Mencegah Jamur di Rumah

Beberapa tanaman dapat mengendalikan penyakit maupun hama. Tanaman nabati tersebut antara lain adalah kemangi, nimba, mindi, tembakau, cengkih, sirih, dan masih banyak daun lainnya.

Bahan-bahan tersebut murah dan mudah didapatkan. Family Zingiberaceae juga berpotensi sebagai fungisida nabati, yaitu seperti rimpang lengkuas, kencur, jahe, dan kunyit yang berpotensi sebagai antibakteri dan jamur.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.