Kompas.com - 28/01/2022, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Noda kuning pada dudukan toilet tentu jadi pemandangan yang tak sedap dilihat dan membuat sebagian orang risih.

Tak hanya terjadi di toilet umum, noda kuning ini juga dapat dialami di toilet rumah Anda. Tak peduli seberapa banyak dan seberapa hati-hati Anda membersihkannya, noda kuning ini akan selalu mengintai.

Akan menjengkelkan apabila noda kuning tersebut sulit dihilangkan meskipun dengan sabun. Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi noda kuning tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini dilansir dari In The Wash pada Jumat (28/01/2022).

Baca juga: Cara Membuat Toilet Bomb untuk Mengusir Bau di Kloset Kamar Mandi

Penyebab Noda Kuning di Dudukan Toilet

Ilustrasi membersihkan kloset, membersihkan toilet. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi membersihkan kloset, membersihkan toilet.

1. Urin

Urin yang menempel pada dudukan toilet jadi salah satu penyebab mengapa toilet di rumah Anda berwarna kuning. Seiring waktu, percikan dan tetesan kecil dari urin tersebut akan menupuk, menghasilkan residu dan membekas warna kuning yang sulit dihilangkan jika tak segera dibersihkan.

Semakin lama urin menempel pada plastik, semakin gelap warnanya, dan semakin sulit untuk dibersihkan. Bahkan setelah urin mengering, warnanya akan tetap gelap untuk beberapa waktu.

Baca juga: Uni-Charm Luncurkan Toilet Khusus Anjing dan Kucing Peliharaan

2. Air berkapur

Mineral dalam air di area air sadah adalah penyebab lain dari toilet berwarna kuning. Saat toilet disiram, air dapat memercik ke atas ke bagian bawah kursi, dan saat air menguap, ia dapat meninggalkan endapan mineral (kerak kapur).

Saat menumpuk, kerak kapur dapat mengembangkan semburat kuning yang dapat merusak permukaan plastik dan menyebabkan warna kuning.

Baca juga: Cara Mengganti Pegangan Toilet yang Rusak dan Berkarat

3. Pembersih toilet kimia

Beberapa pembersih berbahan kimia dapat merusak plastik putih, menyebabkan perubahan warna. Ini cenderung karena bahan kimia keras, seperti pemutih kuat yang tidak diencerkan.

4. Sinar matahari

Kita semua tahu bahwa sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar pada manusia dan hewan peliharaan, tetapi tidak banyak orang yang mempertimbangkan efek sinar matahari terhadap plastik, termasuk dudukan toilet. Hanya saja sengatan matahari bisa mengubah plastik menjadi kuning, sedangkan kulit menjadi merah.

Baca juga: Hewan Peliharaan Minum Air dari Toilet, Berbahayakah?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.