Kompas.com - 27/01/2022, 19:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan sehari-hari yang dilakukan di dalam rumah akan membuat rumah berantakan dan terjadi kekacauan jika tidak dirapikan segera mungkin.

Namun, banyak orang yang sering mengabaikan pembersihan yang seharusnya dilakukan setiap hari. 

Baca juga: 6 Bahan Ramah Lingkungan yang Bisa Membersihkan Rumah

Padahal, dilansir dari Real Simple, Kamis (27/1/2022), melakukan pembersihan secara rutin akan membuat rumah tampak lebih rapi sepanjang hari serta meringankan tugas pembersihan mingguan.

Nah, berikut ini lima tugas pembersihan rumah yang harus dilakukan setiap hari agar rumah lebih bersihn dan memangkas waktu pembersihan mingguan. 

Baca juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Membersihkan Rumah dari Bau dan Noda  

Mencuci piring 

Ilustrasi mencuci piring di wastafel dapur stainless steel. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi mencuci piring di wastafel dapur stainless steel.
Terlalu mudah untuk membiarkan piring kotor menumpuk di wastafel, tetapi melewatkan tugas harian ini dapat membuat rumah menjadi berbau dan lebih buruk menarik hama ke rumah, 

Jika memiliki mesin pencuci piring, melakukan tugas harian ini menjadi jauh lebih mudah. Alih-alih menumpuk piring kotor, biasakan mencuci piring setiap kali piring kotor atau telah dipakai.  

Baca juga: Amankah Menggunakan Sabun Cuci Piring yang Sudah Kedaluwarsa?

Bersihkan meja dapur dan kompor 

Jika meninggalkan percikan saus atau makanan lainnya di meja dapur semalaman, hal ini tidak hanya dapat berpotensi menarik serangga ke rumah, tetapi juga akan jauh lebih sulit  dibersihkan keesokan harinya.

Untuk menghemat waktu membersihkan pada pagi hari, luangkan waktu satu menit untuk membersihkan meja dan kompor pada malam hari.  

Baca juga: Suhu Panas Microwave Bisa Membasmi Bakteri pada Spons Cuci Piring? 

Buang sampah dapur 

Membuang sampah secara teratur setiap hari dapat mencegah dapur berbau busuk. Idealnya, Anda harus membuang sampah dapur setiap hari, terlebih ketika memasak setiap hari.

Jika tidak, sisa makanan bisa mulai berbau. Apabila membuat kompos, pastikan berinvestasi dalam wadah kedap udara yang tidak akan membiarkan bau keluar.  

Baca juga: Ragam Fakta Menarik Tentang Mesin Pencuci Piring yang Perlu Diketahui

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.