Kompas.com - 26/01/2022, 15:03 WIB
Ilustrasi peralatan makan dari kayu. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi peralatan makan dari kayu.

JAKARTA, KOMPAS.comPeralatan makan berbahan kayu mungkin lebih disukai dari yang berbahan plastik. Sebab, mereka lebih tahan lama.

Ditambah lagi, mereka juga cocok dipakai dengan peralatan dapur berbahan lainnya karena tidak menyebabkan goresan seperti peralatan logam.

Baca juga: 4 Kegunaan Kantung Teh Celup Bekas untuk Membersihkan Dapur

Melansir Hunker, Rabu (26/1/2022), ada cara untuk merawat peralatan makan berbahan kayu agar lebih tahan lama dan tidak mudah retak.

Dengan demikian, kamu tidak perlu mengganti peralatan makan dengan logam, dan menggores peralatan dapur berbahan lainnya.

Membumbui peralatan makan berbahan kayu

Ilustrasi peralatan makan, ilustrasi peralatan dapur, ilustrasi peralatan makan berbahan kayu.SHUTTERSTOCK / pil76 Ilustrasi peralatan makan, ilustrasi peralatan dapur, ilustrasi peralatan makan berbahan kayu.

Sama seperti wajan besi cor, peralatan makan berbahan kayu perlu melalui proses membumbui. Adapun membumbui adalah menambahkan lapisan pelindung pada suatu permukaan.

Tujuan utama dari seasoning adalah untuk melindungi kayu agar tahan lebih lama. Kayu memang bahan yang kuat.

Akan tetapi, mereka dapat menyerap cairan saat memasak, sehingga merusak bahan.

Baca juga: 4 Keuntungan Memiliki Dapur Berbentuk U, Apa Saja?

Tidak hanya itu, kayu dapat retak, melengkung, mengembang, atau menyusut. Hal-hal tersebut dapat memperpendek umur pemakaian peralatan makan berbahan kayu.

Selain itu, membumbui juga dapat mencegah makanan lengket, sehingga peralatan makan akan terhindar dari noda dan mudah dibersihkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.