Kompas.com - 24/01/2022, 23:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendalikan hama di taman bunga penting dilakukan karena bisa membuat tanaman bunga layu, bahkan mati.

Untuk mengatasinya, tidak selalu menggunakan semprotan pembasmi hama kimia. Anda bisa beralih membuat pembasmi alami sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur.

Dilansir dari The Spruce, Senin (24/1/2022), berikut cara membuat pestisida alami mengusir hama di taman bunga. 

Baca juga: 12 Pilihan Bunga yang Bisa Ditanam Berdasarkan Bulan Kelahiran 

Sabun cuci piring 

Ilustrasi sabun cuci piring. SHUTTERSTOCK/OLGA MILTSOVA Ilustrasi sabun cuci piring.
Sabun pembasmi serangga dapat dengan mudah ditemukan di toko kebun, tetapi Anda dapat membuat semprotan pembasmi serangga alami buatan sendiri yang sama efektifnya untuk membasmi kutu daun, ulat, dan tungau.

Untuk membuatnya, campurkan tiga tetes cairan pencuci piring ringan dalam satu liter air dan satu sendok makan minyak goreng tambahan guna membantu campuran menempel pada daun.

Semprotkan cairan ke tanaman sampai basah kuyup, tetapi jangan gunakan pada bunga saat suhu di atas 26 derajat Celsius untuk mencegah tanaman hangus. 

Baca juga: 9 Bunga Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui 

Semprotan bawang putih

Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL Ilustrasi bawang putih.
Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur alami, serta pestisida alami.  Kupas dan hancurkan lima siung bawang putih dan campur dengan 16 ons air.

Kemudian, biarkan bawang putih meresap ke dalam air semalaman, lalu tambahkan sedikit sabun cuci piring ke dalam campuran, dan saring menggunakan saringan halus.

Encerkan cairan ini dalam 3,5 liter air dan masukkan ke botol semprot. Setelah itu, semprotkan larutan pada tanaman sekali atau dua kali seminggu untuk mengendalikan sebagian besar hama serangga. 

Baca juga: Catat, Pupuk untuk Bunga Kertas agar Berbunga Lebat 

Semprotan tembakau

Semua orang akrab dengan efek negatif rokok bagi kesehatan, tetapi nikotin dalam tembakau beracun bagi serangga.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.