Kompas.com - 24/01/2022, 19:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias yang dapat menjadi elemen dekorasi di dalam maupun luar ruangan, Anda juga bisa merawat berbagai tanaman yang memiliki banyak manfaat di rumah seperti tanaman penyaring udara dan tanaman herbal.

Michael J Balick, Wakil Presiden untuk Ilmu Botani di The New York Botanical Garden, Amerika Serikat, menjelaskan, alam adalah ahli kimia yang brilian. 

Baca juga: Panduan Sukses Merawat Tanaman Sirih Gading

Sejak awal, nenek moyang kita telah belajar menggunakan tanaman untuk menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan. Sementara ilmu pengetahuan modern mengidentifikasi alam memiliki nilai nyata untuk meningkatkan kehidupan kita.

"Saya selalu menyarankan bahwa apa pun yang diambil sebagai obat, baik itu produk farmasi, suplemen herbal, maupun teh, digunakan di bawah pengawasan ahli yang berpengetahuan profesional untuk memastikan hasil optimal," katanya dilansir dari Martha Stewart, Senin (24/1/2022),

Balick dan Brie Arthur, Wakil Presiden Hortikultura di Gardenuity, membagikan beberapa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Baca juga: Tips Menggunakan Ampas Teh untuk Menutrisi Tanaman 

Lidah buaya (Aloe vera)

Ilustrasi lidah buayaUnsplash/Heye Jensen Ilustrasi lidah buaya
Tanaman ini sudah tidak asing dimanfaatkan dalam bidang kesehatan kulit dan kecantikan. Lidah buaya adalah salah satu tanaman rumah terbaik karena membutuhkan sedikit perawatan dan hanya perlu disiram setiap tiga minggu.

"Lidah buaya adalah tanaman rumah yang mudah tumbuh yang telah diakui para ahli selama beberapa dekade untuk mengurangi peradangan kulit," kata Arthur.

Gel bening dari tanaman lidah buaya telah digunakan untuk mengobati luka bakar, luka, dan infeksi kulit kecil.

Lidah buaya tidak hanya menyembuhkan kulit, tapi juga membantu pencernaan. "Jus lidah buaya sebenarnya dianggap sebagai makanan super karena menawarkan sifat anti-inflamasi," ucap Arthur. 

Baca juga: 6 Tanaman Berbunga yang Tumbuh Subur di Area Panas 

English marigold

Ilustrasi tanaman bunga English marigoldSHUTTERSTOCK/Dragoncello Ilustrasi tanaman bunga English marigold
English marigold dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh saat dioleskan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.