Kompas.com - 23/01/2022, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci handuk mandi merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan secara rutin untuk membuatnya tetap bersih dan higienis saat digunakan.

Namun, mencuci handuk mandi secara berlebihan sebenarnya dapat merusak serat dan membuatnya kaku, serta kurang menyerap dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang bingung mengenai rentang waktu untuk mencuci handuk mandi yang selalu mereka andalkan ketika selesai mandi.

Baca juga: 7 Kesalahan Mencuci Handuk yang Bikin Terlihat Kusam, Bau, dan Kasar

Lantas, seberapa sering handuk yang digunakan seseorang untuk mandi harus dicuci?

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (23/1/2022), Gwen Whiting dan Lindsey Boyd, dua orang pendiri The Laundress memberikan penjelasannya mengenai pembahasan kali ini.

"Handuk lembap menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri, jadi kami sarankan untuk mencucinya setelah tiga hingga empat kali penggunaan," kata Whiting.

Selain itu, pastikan bahwa handuk mandi yang kamu miliki hanya digunakan oleh dirimu sendiri dan tidak boleh digunakan bersama orang lain.

Cara mencuci handuk mandi

Baca juga: Cara Membersihkan dan Waktu yang Tepat Mencuci Handuk Kotor

Langkah awal untuk mencuci handuk mandi adalah dengan menghilangkan noda yang ada menggunakan pembersih noda dan sikat.

"Jika handuk memiliki bau apek, rendam terlebih dahulu dalam air panas dengan seperempat cangkir cuka hingga 30 menit," tambah Whiting.

Selanjutnya cuci handukmu ke dalam mesin cuci dan pisahkan dari cucian yang lain.

Kemudian masukkan detergen dengan jumlah yang sesuai. Pastikan untuk tidak menambahkan detergen lebih dari yang direkomendasikan.

"Terlalu banyak detergen dapat meninggalkan residu sabun yang kaku," kata Boyd.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Mencuci Handuk

Selanjutnya Boyd merekomendasikan untuk mengucek-ngucek dan membilas handukmu hingga bersih sebelum kamu memasukkannya ke dalam pengering.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.