Kompas.com - 20/01/2022, 21:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi bisa dibilang menjadi ruangan yang paling banyak menanggung atau memiliki kesulitan dibanding semua ruangan di rumah

Misalnya, kamar mandi mengalami berbagai perubahan suhu dan kelembapan berlebih. Kelembapan ini akhirnya menyebabkan jamur rentan berkembang biak serta membuat kamar mandi mudah berbau. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamar Mandi Putih Digemari dan Cara Mendekorasinya

Bila permasalahan ini tidak segera diatasi, bukan tak mungkin kamar mandi akan mengalami kerusakan, yang akhirnya memerlukan renovasi dengan biaya cukup besar.

Demi mencegahnya, berikut sembilan tips meminimalkan kelembapan kamar mandi yang dapat menghemat biaya renovasi dikutip dari Real Estate, Kamis (20/1/2022).  

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi yang Berjamur

Pilih lantai kamar mandi yang tahan lama

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/Steven Ungermann Ilustrasi kamar mandi
Kamar mandi penuh dengan kelembapan dan uap sehingga penting untuk memilih lantai yang tahan lama seperti ubin, vinil, atau laminasi.

Lantai kayu keras mungkin juga cocok di kamar mandi, tetapi harus dirawat dan dipasang dengan benar oleh seorang profesional.

Penting juga menjaga segala jenis lantai dalam keadaan kering. Jadi, hindari meninggalkan handuk basah dan keset kamar mandi di lantai untuk waktu lama. 

Baca juga: Konsep Kamar Mandi Terbuka Bakal Populer, Apa Saja Keuntungannya? 

Jangan pernah meremehkan pentingnya ventilasi

Jika kamar mandi memiliki jendela, bukalah sesering mungkin. Apabila tidak, gunakan kipas angin atau exhaust fan

Sangat penting menyingkirkan udara kamar mandi yang lembap secara teratur untuk mencegah kerusakan akibat uap dan pertumbuhan jamur.

Exhaust fan perlu dibuang ke luar kamar mandi, tidak hanya ke dalam rongga atap karena dapat menyebabkan kerusakan pada plafon. 

Baca juga: Ingin Menempatkan Exhaust Fan Kamar Mandi? Perhatikan 3 Hal Ini 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.