Kompas.com - 19/01/2022, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam situasi tertentu, terkadang ada saja keadaan genting di rumah yang perlu ditindak lanjuti segera. 

Mulai dari, keran wastafel yang bocor, toilet tersumbat, kenop pintu sulit diputar, hingga pintu garasi yang sulit ditutup.

Baca juga: Plafon Rumah Bocor? Ini yang Harus Dilakukan

Meski perlu dibenahi segera, tak dapat dipungkiri bahwa ada satu waktu kamu tidak sempat memanggil seorang ahli atau tukang.

Dengan demikian, kamu perlu mengatasi berbagai kondisi darurat tersebut sendirian. Akan tetapi, bagaimana jika rumah tidak memiliki alat perkakas rumah tangga apa pun?

Baca juga: Cara Mengganti Pegangan Toilet yang Rusak dan Berkarat

“Kalau berbicara tentang perkakas, kebutuhan kita dalam rumah tangga pasti ada pola. Bisa dilihat kira-kira apa yang biasa rusak. Makanya, harus sediakan minimal alat-alat untuk memperbaikinya,” kata Head of Marketing MR. DIY, Andrew Soendjojo, dalam konferensi pers virtual MR. DIY bertajuk “Semua Ketemu di Sini”, Rabu (19/1/2022).

Andrew menuturkan tidak memiliki beberapa alat perbaikan bisa membuat rumah kurang rapi. Selain memperbaiki sesuatu, alat-alat ini juga bisa menambal kebocoran atau keretakan, menyatukan barang yang pecah, dan benda cadangan seperti bohlam.

Baca juga: 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Pipa Saluaran Air yang Tersumbat

“Perkakas (seperti) obeng, kunci inggris, itu sudah perkakas rumah tangga standar. Mau tidak mau akan terpakai, jadi minimal sudah tersedia,” ucap Andrew.

Jika ingin mulai menyimpan perkakas rumah tangga standar, dia menyarankan membelinya di toko yang menyediakan beragam peralatan guna menghemat waktu. 

Baca juga: Simak, Langkah Memperbaiki Cat Dinding yang Mengelupas

Selain itu, membeli perkakas rumah tangga di toko serba ada juga memungkinkan kamu  mencari barang lain yang mungkin sudah habis stoknya di rumah atau akan digunakan dalam waktu dekat.

“Di MR. DIY, jual beragam kebutuhan rumah tangga seperti kantung plastik tambahan untuk membuang sampah, peralatan elektronik untuk remaja, dan peralatan sekolah,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.