Kompas.com - 18/01/2022, 07:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Stainless steel menjadi peralatan memasak yang banyak digunakan orang. Alasannya, peralatan memasak stainless steel memiliki daya tahan lebih lama. 

Namun, pernahkah Anda menemukan lapisan atau noda warna-warni seperti pelangi pada panci stainless steel

Baca juga: Cara Membersihkan Peralatan Stainless Steel Pakai Minyak Zaitun

Melansir dari Taste of Home, Selasa (18/1/2022) , sebetulnya lapisan tersebut merupakan suatu yang wajar. Panci stainless steel sering mengandung kromium—logam kokoh—yang membantu menjaganya dari karat atau korosi.

Ini pada dasarnya adalah lapisan pelindung tipis yang berubah warna ketika dikombinasikan dengan udara dan panas tinggi.

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan yang Dapat Merusak Peralatan Stainless Steel

Namun, tak perlu khawatir karena tanda pelangi benar-benar aman. Meski demikian, tanda pelangi itu dapat mengganggu saat memasak sehingga perlu membersihkannya.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan cuka. Kandungan asam dalam cuka dapat bekerja memecah lapisan pelangi yang teroksidasi untuk menjaga panci stainless steel lebih baik serta berkilau seperti sebelumnya. 

Baca juga: 7 Alasan Stainless Steel Baik untuk Peralatan dan Furnitur Rumah

Caranya, tuangkan beberapa cuka putih ke dalam air, kemudian gosok permukaan panci dengan spons non-abrasif secara menyeluruh. 

Setelah menggosoknya, bilas panci dengan air bersih sampai tanda pelangi hilang, lalu mengeringkannya menggunakan lap kering atau membiarkan kering sendiri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.