Kompas.com - 17/01/2022, 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci sangat membantu dalam membersihkan ragam jenis pakaian. Selain menghemat waktu, menggunakan mesin cuci saat proses pencucian juga dapat menghemat energi.

Ternyata, dilansir dari Martha Stewart, Senin (17/1/2022), selain pakaian, Anda juga bisa membersihkan beberapa benda menggunakan mesin cuci, seperti berikut ini. 

1. Bantal

Tahukah Anda bahwa bantal harus dicuci setiap tiga hingga enam bulan untuk menghilangkan jamur, bakteri, dan bau? Bantal yang terbuat dari serat alami (seperti bulu halus) atau bahan sintetis (seperti poliester), sebagian besar dapat dicuci di mesin cuci. 

 

Baca juga: Ingat, Jangan Mencuci 6 Jenis Pakaian Ini dengan Mesin Cuci

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan mesin cuci bukaan depan karena bantal cenderung mengapung dan tetap kering di beberapa titik. 

Ilustrasi mencuci seprai dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/SARAANNE Ilustrasi mencuci seprai dengan mesin cuci.

2. Selimut

Untuk hasil terbaik, Anda sebaiknya mencuci selimut di mesin cuci bukaan depan. Sebab, selimut cenderung mengapung dan tidak akan sepenuhnya basah di mesin cuci bukaan atas.

Gunakan siklus air dingin yang lembut, lalu keringkan dengan tidak kurang dari tiga bola tenis untuk memukul loteng kembali ke bulu.

3. Sarung bantal

"Sarung bantal berbahan katun, linen, denim, dan rami biasanya bisa dicuci," kata Patric Richardson, ahli tekstil dan penulis buku Laundry Love.

 

Baca juga: Bisakah Mencuci Bantal di Mesin Cuci? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Untuk mencucinya, ikuti labelnya dan gantung sampai lembap. Pasang kembali ke bantal hingga kering.

Jika berjamur, rendam dalam air panas dan pemutih oksigen selama beberapa menit, jemur di bawah sinar matahari, cuci secara normal, dan keringkan di udara, kemudian ulangi prosesnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.