Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pohon yang Cepat Tumbuh untuk Meneduhkan Halaman Rumah

Kompas.com - 16/01/2022, 13:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki halaman rumah yang teduh dan dikelilingi pepohonan rindang tentunya menjadi dambaan banyak orang.

Selain membuat rumah tampak lebih indah, pepohonan ini juga menciptakan nuansa asri tersendiri, terlebih bagi rumah-rumah di perkotaan.

Baca juga: 7 Tanaman yang Tumbuh Lebih Baik Saat Ditanam Berdampingan

Sebagian besar pohon memakan waktu cukup lama untuk tumbuh dan menghadirkan dedaunan yang rindang. Akan tetapi, ada lima pohon yang dapat tumbuh dengan cepat. Apa saja?

Melansir dari Homes to Love, Minggu (16/1/2022), berikut lima pohon yang cepat tumbuh untuk meneduhkan rumah. 

Magnolia Teddy Bear

Ilustrasi pohon, ilustrasi bunga - Pohon bernama Magnolia grandifloa yang juga dikenal dengan Magnolia Teddy Bear.SHUTTERSTOCK / simona pavan Ilustrasi pohon, ilustrasi bunga - Pohon bernama Magnolia grandifloa yang juga dikenal dengan Magnolia Teddy Bear.

Pohon magnolia teddy bear memiliki daun berwarna hijau tua yang mengkilap pada bagian depannya dan warna kuning perunggu pada bagian belakang.

Pohon, yang juga dikenal dengan Magnolia grandiflora ini tumbuh dengan ukuran yang tidak memakan banyak ruang dan bisa tegaknya mencapai empat meter.

Pohon magnolia teddy bear memiliki bunga putih besar yang akan mengeluarkan wangi pada bulan-bulan tertentu saat suhu sedang hangat. 

Magnolia teddy bear dapat tumbuh di sebagian besar iklim, tapi tetap harus disiram secara berkala jika tidak ingin kesuburannya hilang.

Baca juga: 7 Bagian Pohon Pisang yang Bisa Bermanfaat untuk Tanaman

Japanese maple

Ilustrasi pohon - Pohon bernama Japanese Maple atau Acer palmatum.SHUTTERSTOCK / Lilly Trott Ilustrasi pohon - Pohon bernama Japanese Maple atau Acer palmatum.

Japanese maple atau Acer palmatum memiliki daun yang lembut dengan warna khas musim gugur yang bersinar.

Tanaman ini cocok dengan iklim yang lebih dingin serta ideal dengan tanah well-drained atau dikeringkan dengan baik serta perlindungan dari matahari dan angin panas.

Baca juga: 9 Bunga Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Japanese maple memiliki ratusan varietas, salah satunya adalah Seiryu yang daunnya berenda serta Atropurpureum yang tingginya mencapai empat meter serta memiliki daun berwarna perunggu keunguan.

Untuk varietas Acer Sango Kaku, mereka sangat disukai karena memiliki kulit kayu berwarna merah cerah dan cabang-cabang yang menjulang tinggi hingga lima meter. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Menjadi Pengganti Pohon Natal

Tahiti lime

Pohon jeruk nipis Tahiti juga dikenal dengan Citrus x latifolia atau Persian lime (jeruk nipis Persia). Tanamana ini dapat tumbuh di iklim yang lebih hangat, tumbuh hingga tiga meter, serta menghasilkan bunga putih yang wangi dan buah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com