Kompas.com - 10/01/2022, 15:17 WIB
Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman. SHUTTERSTOCK/UPEN SUPENDIIlustrasi hama kutu putih pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan hama kutu putih di batang maupun daun tanaman hias tidak bisa dicegah sepenuhnya, terlebih pada saat musim hujan berlangsung.

Namun, apabila dibiarkan begitu saja, serangan hama kutu putih dapat merusak dan membahayakan keberlangsungan hidup tanaman hias.

Oleh karena itu, kamu perlu segera membasmi hama kutu putih yang muncul dan menyerang tanaman hias milikmu.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Hama Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Dikutip dari channel YouTube Sisi Lain Tumbuhan, Senin (10/1/2022), pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membasmi hama kutu putih dan kutu lainnya di batang dan daun tanaman hias.

Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman kaktus koboiINSTAGRAM/INDAH SEPTIANI Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman kaktus koboi
Cara membasmi hama kutu putih pada tanaman hias

Untuk membasmi hama kutu putih yang menyerang batang atau daun tanaman hiasmu, kamu hanya perlu menyiapkan dua batang rokok (merek dan jenis apa pun), dan satu liter air hangat di dalam wadah.

Cukup masukkan tembakau yang ada di bagian dalam rokok ke wadah yang berisi air hangat, lalu buang bagian filter rokok.

Aduk-aduk air hangat yang dicampurkan dengan tembakau rokok, kemudian diamkan hingga suhu air menjadi normal dan warna air berubah menjadi keruh.

Baca juga: Basmi Hama Kutu Putih dengan Air Sabun Cuci Piring

Larutan tembakau tinggal kamu siramkan ke media tanam tanaman hias yang diserang hama kutu putih (satu liter larutan tembakau bisa untuk dua tanaman hias besar).

Seusai menyiramkan larutan tembakau, media tanam tanaman hias tidak perlu lagi disiram dengan air.

Selain disiram, larutan tembakau juga bisa disemprotkan ke bagian daun atau batang tanaman hias yang diserang hama kutu putih.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.