Kompas.com - 28/12/2021, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tradisi Natal yang dilakukan umat Kristaini adalah memasang dekorasi Natal di rumah, termasuk pohon Natal. Pohon Natal biasanya dipasang mulai dari beberapa minggu sebelum Natal.

Akan tetapi, kapan harus menurunkan dekorasi Natal di rumah? Tanggal pasti untuk pekerjaan itu menjadi sumber perdebatan dan setiap orang memiliki tradisinya masing-masing terkait hal ini.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (28/12/2021), Mac Harman, CEO perusahaan pohon Natal Balsam Hill mengungkapkan hari yang perlu Anda ketahui terkait penurunan dekorasi Natal.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Pohon Natal Asli Tetap Segar dan Tahan Lama

 

Ilustrasi menghias pohon Natal. PEXELS/ELEMENT5 Ilustrasi menghias pohon Natal.

Kapan harus menurunkan dekorasi Natal di rumah?

"Sebagian besar, kami telah menemukan mayoritas orang suka menurunkan pohon (Natal) mereka pada minggu pertama Januari," kata Harman.

Adapun, imbuh dia, sebagian besar orang juga menurunkan pohon Natal pada Hari Keduabelas atau 5 Januari atau pada Hari Raya Epifani, yakni pada 6 Januari.

Tanggal-tanggal ini mengikuti tradisi Kristen, di mana Malam Keduabelas adalah kedatangan Tiga Orang Bijaksana yang mengunjungi bayi Kristus di Betlehem.

Beberapa denominasi mulai menghitung pada Boxing Day, yang berarti Hari Raya Epifani jatuh pada tanggal 6 Januari. Adapun yang lainnya mulai menghitung pada Hari Natal, artinya Malam Keduabelas jatuh pada tanggal 5 Januari.

Baca juga: 9 Tanaman dan Bunga Khas yang Banyak Dijadikan Dekorasi Natal

Memasang dekorasi Natal terlalu lama, apakah tidak baik?

Beberapa orang percaya adalah nasib buruk untuk mempertahankan dekorasi Natal di luar Hari Raya Epifani, tapi itu tergantung pada kepercayaan Anda.

Jadi, sementara tanggal 5 dan 6 Januari tetap populer, Harman menjelaskan bahwa Anda dapat menurunkan dekorasi Natal kapan pun Anda mau, selama pohon Natal tetap dalam kondisi baik.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.