Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanaman Hias yang Bisa Menyegarkan Udara di Rumah

Kompas.com - 14/12/2021, 17:57 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com – Mendekorasi rumah dengan elemen-elemen natural seperti tanaman dalam ruangan atau bunga segar dapat menghadirkan suasana alam dan memanjakan mata. 

Selain itu, pilihan tanaman dalam ruangan yang tepat juga bisa menyegarkan udara dalam rumah. 

Melansir dari RooHome, Selasa (14/12/2021), berikut empat tanaman hias yang bisa menyegarkan udara di rumah. 

Baca juga: Pemangkasan Dapat Menyuburkan Tanaman? Ini Penjelasan dan Caranya

Pakis Boston fern

Ilustrasi pakis Bostonshutterstock Ilustrasi pakis Boston
Setiap tanaman penyegar udara memiliki tingkat kesuburan berbeda berdasarkan kondisi masing-masing. Untuk pakis Boston atau Nephrolepis exaltata, tanaman ini berasal dari iklim tropis hutan hujan.

Tak heran, tanaman ini akan tumbuh subur pada lingkungan dengan kelembapan tinggi dan minim cahaya langsung seperti kamar mandi

Suasana lembap yang ditawarkan kamar mandi akan memudahkan pakis Boston mengekstraksi karbon dioksida, xilena, dan formaldehida dari udara.

Baca juga: Cara Merawat Monstera Dubia, Tanaman Hias Berdaun Unik

Peace lily

Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily.SHUTTERSTOCK/TATYANA ABRAMOVICH Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily.
Peace lily atau lili perdamaian (Spathiphyllum) memiliki tampilan elegan dan menawan yang membuatnya menjadi pilihan populer selain karena perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Tanaman lili perdamaian tidak memerlukan terlalu banyak cahaya. Dengan perawatan yang tepat, peace lily bisa hidup selama bertahun-tahun dan dapat mekar dua kali dalam setahun.

Menurut peneitian Clean Air Study dari NASA, tanaman hias ini bisa menjaga udara tetap bersih karena mengeliminasi bahan kimia tingkat tinggi seperti benzena, formaldehida, trikloretilen, dan amonia dari udara.

Baca juga: Selain Tidur Nyenyak, Ini 4 Manfaat Meletakkan Tanaman di Kamar Tidur

Lidah mertua

Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.PEXELS/CHARLOTTE MAY Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.
Tanaman lidah mertua atau Dracaena trifasciata, yang juga dikenal dengan snake plant, dikenal sebagai tanaman dalam ruangan yang tahan lama.

Lidah mertua memiliki daun yang panjang dan ujung yang runcing sehingga bisa menyebabkan luka jika tidak hati-hati menanganinya.

Tanaman hias lidah mertua bisa tumbuh baik dalam lingkungan kering, tidak perlu sering menyiramnya, dan bisa tumbuh dalam cahaya apa pun.

Baca juga: Jangan Dibuang, Air Bekas Rebusan Kentang Bermanfaat Untuk Tanaman

Meski demikian, cahaya tidak langsung merupakan lingkungan paling kondusif bagi pertumbuhan tanaman hias ini. 

Lidah mertua membantu menyaring dan memurnikan udara di dalam rumah serta mengubah karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari.

Kamu bisa menaruh tanaman lidah mertua dalam kamar tidur karena memiliki tingkat oksigen paling tinggi di antara tanaman dalam ruangan lainnya.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berdaun Hitam yang Unik dan Eksotis 

Dracaena fragrans

Dracaena fragrans merupakan tanaman tropis asal Afrika yang mirip dengan pohon palem mini. Pemeliharaannya tidak terlalu sulit lantaran hanya memerlukan sedikit penyiraman karena berasal dari iklim panas.

Kendati demikian, tanaman Dracaena fragrans tetap mendapatkan manfaat dari semprotan air atau ditempatkan pada wadah berair. Nantinya, tanaman tersebut akan menciptakan kelembapan dari evaporasi.

Terkait penyegaran dan pemurnian udara, Dracaena fragrans merupakan salah satu yang paling efektif. Tanaman hias ini bisa menghilangkan senyawa berbahaya yang ada di udara seperti benzena, formaldehida, trikloroetilen, juga karbon dioksida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Roohome
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com