Kompas.com - 14/12/2021, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bantal adalah benda esensial untuk mendapatkan rasa nyaman saat sedang tidur atau rebahan. Namun, ternyata bantal tidak bisa selamanya digunakan.

Menurut The List, Selasa (14/12/2021), beberapa ahli mengatakan sebagian besar bantal memiliki masa pemakaian enam sampai 12 bulan. 

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Bantal Menjadi Kempis Seiring Waktu

Sementara, para ahli lainnya menyatakan bahwa bantal dapat digunakan selama dua hingga tujuh tahun. Namun, sebelum mengganti, penting mengetahui waktu terbaik untuk mengganti bantal lewat tanda-tandanya. 

“Yang dilakukan adalah melipat bantal menjadi dua, letakkan sepatu di bagian belakang bantal, kemudian lepaskan bantal,” kata Ppsikolog Joshua Tal.

Ilustrasi mengganti seprai dan sarung bantal. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengganti seprai dan sarung bantal.

Bila bantal kembali ke bentuk semula dan membuat sepatu terhempas, artinya bantal masih bisa digunakan.

Baca juga: Cara Mencuci Bantal dengan Mesin Cuci dan Tangan

Sedangkan, jika bantal tidak kembali ke bentuk semula, berarti bantal sudah kehilangan kemampuannya menahan kepala dengan baik.

Selain itu, situasi tertentu juga bisa mengharuskan untuk mengganti bantal seperti bau tak sedap dan noda membandel. Hal ini dapat membuat penumpukan bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Menurut Cleveland Clinic, bantal bisa menjadi rumah bagi virus, tungau debu, dan kutu busuk. Patogen-patogen itu mampu memicu atau memperparah asma dan alergi, menularkan penyakit, dan secara keseluruhan dapat mempengaruhi kesehatan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti bantal?

Baca juga: 4 Tips Mendekorasi Sofa Menggunakan Bantal

Waktu tepat mengganti bantal

Ahli tulang dan saraf dari Cleveland Clinic, Andrew Bang, menjelaskan, waktu tepat mengganti bantal adalah ketika kamu mulai bangun tidur dengan kondisi leher kaku.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The List
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.