Kompas.com - 10/12/2021, 20:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman buah di pekarangan rumah memiliki banyak manfaat. Salah satunya tentu saja buahnya dapat dipanen untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Salah satu tanaman buah yang dapat ditanam di pekarangan rumah adalah pisang. Buah pisang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, antara lain mengendalikan tekanan darah tinggi atau stroke dan gula darah, mengobati radang pencernakan, dan menyehatkan mata.

Sebelum menanam pisang, sebaiknya Anda mengetahui dahulu tentang sifat kehidupan tanaman pisang, agar pohon pisang yang ditanam tumbuh dan berbuah baik.

Baca juga: Tips Menanam Alpukat Mentega agar Cepat Berbuah

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (10/12/2021), pada umumnya pohon pisang tumbuh dan berbuah di manapun. Akan tetapi, lokasi yang sangat cocok untuk tumbuh dan berbuah baik di daerah tropis basah, panas, dan lembap.

Ilustrasi buah pisang, tanaman pisang, pohon pisang. PIXABAY/JOAOBOLIVER Ilustrasi buah pisang, tanaman pisang, pohon pisang.

Adapun curah hujan optimal 1.520 hingga 3.800 mm per tahun dan dua bulan kering.

Pohon pisang dapat tumbuh subur dengan menyerap nutrisi yang terkandung dalam tanah humus, lebih baik lagi jika tanahnya sudah melalui proses pemupukan.

Selain itu, pastikan ketersediaan air pada media tanam, karena air sangat penting bagi pertumbuhan pisang, tetapi media tanam jangan sampai tergenang air.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Durian agar Buahnya Lebat

Lokasi tanam yang berangin kencang tidak terlalu cocok untuk pohon pisang, karena berpotensi merusak daun.

Selanjutkan, Anda dapat melakukan penanaman pohon pisang di pekarangan rumah dengan memperhatikan sifat-sifat kehidupan pohon pisang tersebut. Berikut cara menanam tanaman pisang di pekarangan rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.