Kompas.com - 07/12/2021, 22:20 WIB
Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuci Unsplash/PlanetCareIlustrasi mesin cuci, ruang mencuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli peralatan elektronik bisa menjadi investasi besar. Namun, ketika terjadi kesalahan, hal itu bisa menyebabkan sakit kepala hebat. 

Tentu saja, semua orang mengharapkan peralatan elektronik di rumah bisa bertahan lama. Namun, kenyataannya peralatan elektronik justru berumur pendek dari usia sebenarnya. 

Baca juga: Peralatan Elektronik Rusak, Sebaiknya Beli Baru atau Diperbaiki?

Hal ini bisa disebabkan berbagai hal. Namun, banyak orang menyalahkan kesalahan terjadi pada produk elektronik tersebut. Padahal, terkadang penyebabnya adalah kesalahan yang kita lakukan sendiri.

Melansir dari Reader's Digest, Selasa (7/12/2021), berikut tujuh kesalahan yang bisa mempersingkat masa pakai peralatan elektronik di rumah.  

Baca juga: Produk Elektronik Rumah Tangga Banyak Diminati Selama Pandemi Covid-19 

Laptop

Ilustrasi laptopUnsplash/Kari Shea Ilustrasi laptop
Tidak ada yang lebih membuat frustrasi mendapati laptop yang rusak dan tiba-tiba perlu diganti. Ternyata kunci menjaga laptop berumur panjang adalah mematikannya setidaknya sekali sehari.

Ini memungkinkan sistem operasi untuk menginstal pembaruan dan tambalan perangkat lunak sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar sert maksimal.

Kesalahan lain yang menyebabkan kematian dini pada laptop adalah gagal menginstal program anti-virus dan malware. 

Baca juga: 10 Hal yang Membuat Peralatan Elektronik Cepat Rusak 

Mesin cuci 

Memasukkan handuk atau kaus dalam jumlah berlebih ke mesin cuci adalah ide buruk. Kapasitas berlebih yang konstan menghabiskan mekanisme seperti agitator pusat.

Penyebab lainnya adalah menggunakan terlalu banyak detergen. Hal ini dapat meningkatkan waktu siklus bilas.

Mesin cuci memiliki masa pakai yang terbatas, jadi setiap kesalahan pencucian bisa membawanya lebih dekat ke akhir usia pemakaian.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.