Kompas.com - 02/12/2021, 20:19 WIB
Ilustrasi anjing di taman Unsplash/Angel LucianoIlustrasi anjing di taman

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang terik tidak hanya memberi ketidaknyamanan pada manusia, tapi juga hewan peliharaan.

Melansir dari National Geographic, Kamis (2/12/2021), hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, reptil, dan burung dapat mengalami dan menunjukkan tanda-tanda kepanasan dengan cara berbeda dari manusia. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Urine Hewan Peliharaan di Rumput Halaman

Bagaimana cara hewan peliharaan mengatasi panas? 

Ilustrasi anjing berenang untuk mengatasi cuaca panasSHUTTERSTOCK/Wasitt Hemwarapornchai Ilustrasi anjing berenang untuk mengatasi cuaca panas
"Pemilik hewan peliharaan terkadang menilai panas dari apa yang mereka rasakan," kata Barbara Hodges, dokter hewan dan Direktur Advokasi dan Penjangkauan untuk Asosiasi Kedokteran Hewan Masyarakat Manusiawi yang berlokasi di Davis, California, Amerika Serikat. 

Secara fisiologis, hewan menangani panas secara berbeda dari manusia. Misalnya, untuk mengatur suhu tubuh, manusia berkeringat melalui kulit, kepala sampai kaki, dan keringat menguap dan mendinginkan tubuh. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Merawat Hewan Peliharaan

Sedangkan anjing dan kucing hanya berkeringat melalui cakar dan hidungnya. Namun, kelinci dan burung tidak berkeringat sama sekali.

Selain itu, anjing mengandalkan terengah-engah sebagai cara utama mendinginkan tubuh. Hal ini memungkinkan air menguap di paru-paru, lidah, dan permukaan mulut yang lembap.

Kucing biasanya merawat bulunya agar tetap dingin dengan air liur, yakni menjilati bulu mereka. 

Baca juga: Bahaya Menggunakan Sampo Manusia untuk Hewan Peliharaan

Meski mungkin tergoda mencukur bulu hewan peliharaan pada musim panas untuk membantu mengurangi rasa panas, José Arce, dokter hewan dan Presiden American Veterinary Medical Association, menyarankan untuk tidak melakukannya. 

"Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi bulu bertindak sebagai isolator, bulu membantu menjaga hewan tetap hangat pada musim dingin dan sejuk pada musim panas seperti atap rumah dengan lapisan insulasi,” kata Arce.

Ditambah, bulu melindungi hewan dari sengatan matahari, sesuatu yang sama rentannya dengan manusia. 

Baca juga: 5 Trik Membuat Rumah Aman dan Ramah untuk Hewan Peliharaan 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.