Kompas.com - 01/12/2021, 19:50 WIB
Ilustrasi karpet Unsplash/Lida SahafzadehIlustrasi karpet

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski telah dilatih atau diajari untuk membuang air kecil di kotak pasirnya, nyata terkadang kucing peliharaan masih saja kencing sembarangan pada benda dan area di rumah

Karpet dan keset menjadi permukaan yang sering dikencingi kucing. Membersihkan urine kucing pada karpet dan keset bisa sangat sulit. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Tidur Bersama Pemiliknya

 

Meski sulit, penting untuk menghilangkan bekas urine kucing demi mencegah kucing kembali membuang air kecil di area atau permukaan tersebut. Sebab, melalui urinenya, kucing akan memberikan tanda kekuasaannya. 

Dilansir dari Hunker, Rabu (1/12/2021), berikut langkah membersihkan urine kucing pada karpet dan keset. 

Baca juga: Ini Caranya Meletakkan Karpet di Kamar Tidur 

Serap urine kucing 

Gunakan tisu kertas atau kain pel untuk menyerap urine kucing sebanyak mungkin. Jika alas karpet tidak tertutup oleh kain lain, bersihkan alas dengan pembersih enzimatik dan ikuti petunjuk pada botol kemasan produk. 

Namun, bila alas karet tertutup kain, cucilah dengan mesin cuci dan secangkir cuka putih. Setelah mencucinya sekali dengan cuka, cuci kembali karpet menggunakan detergen

Baca juga: Pemilik Harus Tahu, Ini Cara Tepat Membelai Kucing 

Gunakan pembersih keset

Gunakan pembersih khusus keset jika tidak dapat mencuci keset berlapis kain menggunakan mesin cuci. 

Basahi keset dengan pembersih dan biarkan selama satu jam. Gunakan pembersih enzimatik untuk menetralisir bau, lalu bilas sampai bersih.  

Keringkan karpet 

Selanjutnya, jemur keset di bawah sinar matahari, tapi hindari dari jangkauan kucing. Menghilangkan semua jejak bau urine kucing adalah cara terbaik mencegah kucing membuang air kecil kembali pada keset. 

Baca juga: Kenapa Kucing Saling Melolong Sebelum Berkelahi? 

Hindari keset karet 

Kucing mengasosiasikan bau tertentu dengan urinenya sendiri. Bau ini mendorong kucing untuk membuang air kecil pada area yang sebelumnya telah dikencingi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.