Kompas.com - 01/12/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi ras anjing Pomeranian. PIXABAY/FUNEYESIlustrasi ras anjing Pomeranian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing berukuran kecil menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Sebab, selain lucu dan menggemaskan, anjing-anjing ini terlihat seperti anak anjing selamanya.

Secara umum, anjing berukuran kecil ini kerap disebut dengan teacup dog. Standarnya, beberapa ras anjing ini mungkin hanya memiliki berat 1 hingga 2,5 kilogram.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (1/12/2021), dengan ukuran yang begitu kecil, anjing-anjing ini dapat memiliki beberapa masalah kesehatan, termasuk masalah dengan kerangka dan sistem kekebalan. Anjing-anjing ini rapuh dan dapat dengan mudah mati karena jatuh atau sulit dilihat dan mudah terinjak.

Baca juga: Penyebab Anjing Mengejar Ekornya Sendiri

Juga, untuk beberapa ras anjing, usia harapan hidup mereka jauh lebih pendek. Beberapa hanya hidup sekitar setengah dari versi ukuran normalnya.

Ras ini mungkin juga memiliki masalah dengan pelatihan di rumah karena memiliki kandung kemih dan usus yang sangat kecil. Mereka membutuhkan banyak makanan kecil per hari untuk mencegah gula darah rendah (hipoglikemia) dan sering buang air di luar ruangan.

Berikut beberapa ras anjing berukuran kecil yang lucu dan menggemaskan, serta dapat menjadi hewan peliharaan Anda di rumah.

1. Pomeranian

Pomeranian awalnya dibiakkan untuk menggembalakan hewan dan menarik kereta luncur. Versi aw dari ras anjing Pomeranian memiliki berat sekitar 15 kilogram.

Baca juga: Menurut Survei, 8 Ras Anjing Ini Dikenal Nakal

Pada 1800-an, mereka dibiakkan menjadi lebih kecil untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan daripada anjing pekerja. Sejak itu, ukuran anjing Pomeranian semakin kecil.

2. Pudel

Dikenal karena kecerdasan, atletis, dan kemampuan bersosialisasinya, pudel menjadi anjing keluarga yang luar biasa.

Pudel kecil biasanya memiliki berat sekitar 2 kilogram, sedangkan pudel berukuran standar memiliki berat 22,5 hingga 35 kilogram.

Pudel merupakan anjing yang bulunya tidak mudah rontok. Bulu keriting mereka tidak banyak rontok, yang merupakan berita bagus untuk Anda yang menderita alergi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.