Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 17:17 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memelihara kucing, kamu pasti akan melihat berbagai tingkah laku yang lucu dan menggemaskan.

Salah satunya, menjilati beberapa area tubuh pemiliknya. Rupanya, bukan tanpa alasan kucing peliharaan melakukan hal demikian. 

Dikutip dari kanal YouTube X Science, Selasa (30/11/2021), berikut lima alasan kucing suka menjilati tubuh pemiliknya. 

Baca juga: Tips agar Kucing Berhenti Menggigiti Kabel

Menunjukkan rasa sayang

Kucing peliharaan yang suka menjilati tubuh pemiliknya ingin menunjukkan rasa sayangnya. Hal ini sama seperti yang dilakukan induk kucing yang suka menjilati anaknya saat masih kecil.

Selain membersihkan tubuh anaknya, induk kucing menjilati anaknya sebagai bentuk rasa sayangnya. Biasanya, kucing suka menjilati kucing lain untuk membersihkan serta menguatkan hubungannya.

Hal ini juga berlakuk saat kucing menjilati tangan, jari, atau bagi tubuh lainnya dari pemiliknya sebagai ungkapan rasa sayangnya terhadap pemiliknya. 

Baca juga: Makna Perilaku Kucing yang Saling Menjilati Satu Sama Lain

Menandai kekuasaan

Mungkin kamu sudah tahu kalau kucing merupakan hewan yang suka menandai daerah kekuasaannya, khususnya kucing jantan yang suka menandai wilayahnya dengan urinenya alias mengencingi. 

Namun, jika kucing peliharaan hanya menjilati atau menggosokkan dirinya ke tubuhmu, itu sebagai upaya kucing untuk menandai kamu sebagai miliknya. 

Baca juga: Mengapa Kucing Menjilati Rambut Pemiliknya? Ini Alasannya

Merasa aman

Ilustrasi kucing menjilatUnsplash/Eric Han Ilustrasi kucing menjilat
Kucing memiliki banyak cara mengekspresikan dirinya dan perilaku menjilati pemiliknya bisa menjadi salah satu cara kucing menunjukkan perasaannya. 

Menurut beberapa penelitian, kucing yang menjilati bagian tubuh pemiliknya adalah pertanda bahwa sahabat bulu merasa aman. Selain aman, kucing juga ingin memberi tahu kamu adalah bagian dari keluarganya. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Menjilati Tubuhnya

Merasa stres

Ada banyak cara yang dilakukan kucing untuk melawan stres atau kegelisahan yang dialami, salah satunya menjilat tubuhnya atau tubuh pemiliknya. 

Namun, hal ini biasanya dilakukan secara berlebihan. Jika kamu menduga penyebab kucing menjilati tanganmu karena stres, segera ketahui penyebabnya agar bisa segera diatasi. 

Baca juga: Penjelasan Dokter Hewan Tentang Perilaku Anjing Menjilati Pemiliknya

Pengalaman masa kecil

Ketika kucing menjilati tangan atau kaki pemiliknya, ni bisa disebabkan hal yang dipelajari kucing dari induknya saat masih kecil.

Kucing menganggap menjilat adalah perilaku ungkapan kasih sayang dari induknya sehingga kucing akan melakukan hal yang sama ke orang yang dicintainya atau pemiliknya.  

Selain itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kucing yang menjilati tangan atau kaki pemiliknya secara berlebihan bisa jadi karena kucing masih terlalu kecil saat terpisah dari induknya.

Jadi, untuk bisa mengenang masa kecilnya dan induknya, kucing akan menjilati pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com