Kompas.com - 30/11/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi kucing di taman di rumah. PIXABAY/AMULJARIlustrasi kucing di taman di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kotoran kucing di tanah kebun tidak hanya menimbulkan bau tidak sedap, tetapi juga berpotensi berbahaya.

Menurut University of California Master Gardener Program of Contra Costa County, Amerika Serikat, kotoran kucing mengandung bakteri dan parasit seperti toksoplasmosis. 

Baca juga: Langkah-langkah Membersihkan Kotoran Kucing

Hal ini tentu tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga tanaman di taman. Tanaman sayur tidak dapat ditanam dengan aman di taman yang sudah terkontaminasi kotoran kucing tanpa terlebih dahulu menggali dan menghilangkan lapisan atas tanah yang terkena tersebut. 

Namun, bukan berarti seluruh tanah di kebun sayur Anda rusak karena kucing sering menggunakannya sebagai toilet.

Karena itu, perlu melakukan tindakan segera untuk menyelamatkan taman dan mencegah kucing peliharaan membuang kembali kotoran di taman.   
Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing di Halaman Rumah

Bahaya kotoran kucing 

Ilustrasi kucing di tamanUnsplash/Kaiwen Sun Ilustrasi kucing di taman
Melansir dari Home Guides SF Gates, Selasa (30/11/2021), parasit penyebab penyakit seperti toxoplasma gondii ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi.

Kotoran ini bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil serta penyakit serius pada individu dan anak-anak dengan gangguan sistem kekebalan.

Infeksi tidak hanya menyerang wanita hamil, tetapi juga dapat ditularkan ke bayi mereka yang belum lahir dan menyebabkan penyakit pada anak di kemudian hari. 

Baca juga: Anjing Makan Kotoran Kucing? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kotoran kucing juga sering mengandung bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan parah seperti salmonella, e-coli, cacing tambang, dan cacing gelang.

Mempraktikkan kebersihan yang baik saat berkebun adalah garis pertahanan pertama melawan penyakit ini.

Untuk itu, kenakan sarung tangan saat berkebun dan cuci tangan sampai bersih dengan air hangat dan sabun setelah selesai.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.