Kompas.com - 30/11/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi sikap menghemat listrik adalah mematikan elektronik dengan daya tinggi jika tidak digunakan. ShutterstockIlustrasi sikap menghemat listrik adalah mematikan elektronik dengan daya tinggi jika tidak digunakan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner atau AC membantu menjaga rumah tetap sejuk dan nyaman dengan mengatur suhu secara memadai.

Karena itu, penting memastikan AC berfungsi secara efektif. Namun, sebelum memasang AC di rumah, penting mengetahui jenis AC yang tepat untuk ruangan tempat AC akan diletakkan.  

Baca juga: 6 Cara Mudah Membuat Ruangan Sejuk Tanpa Perlu AC

Setidaknya, ada enam jenis AC yang dapat digunakan di rumah serta masing-masing dirancang untuk alasan dan ruangan yang berbeda. 

Melansir dari Roohome, Selasa (30/11/2021), berikut jenis-jenis AC yang bisa dipasang di rumah Anda. 

Baca juga: Pentingnya Melindungi Unit AC Outdoor agar Bekerja Lebih Efektif  

AC sentral

Sistem AC sentral menggabungkan kompresor, kondensor, dan evaporator dalam satu unit yang ditempatkan pada pelat beton di dekat fondasi atau atap.

Dari unit, ada saluran yang mengalir melalui atap atau dinding luar dan menarik udara dari dalam rumah serta mengalirkan kembali udara yang didinginkan.

Jenis sistem AC ini juga dapat dikombinasikan dengan tungku gas alam atau koil pemanas. 

Baca juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini 4 Fungsi Mode Dry pada AC 

Sistem pemisahan mini tanpa saluran

Ilustrasi AC.SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIO Ilustrasi AC.
Jenis AC ini paling baik untuk rumah yang tidak memiliki saluran udara. Sistem ini menggabungkan kondensor dan kompresor luar ruangan dengan lebih banyak unit penanganan udara dalam ruangan.

Unit terpasang ke dinding dan memiliki blower yang terpasang. Ada tabung yang menghubungkan unit outdoor dan indoor serta mensirkulasikan refrigeran.

Salah satu hal terbaik tentang sistem AC ini adalah dapat dipasang tanpa harus melubangi dinding. Anda hanya membutuhkan outlet kecil melalui dinding untuk pipa pembuangan dan koil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.