Kompas.com - 29/11/2021, 17:07 WIB
Ilustrasi peralatan dapur. Dok. Shutterstock/Gaf_LilaIlustrasi peralatan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur tidak hanya diisi sejumlah peralatan canggih dan mewah, tetapi juga peralatan yang ramah lingkungan

Menggunakan peralatan dapur yang ramah lingkungan tidak akan mengurangi estetika dapur, tapi meningkatkan nilai dapur, membantu menjaga lingkungan hidup, peralatan lebih awet, lebih hemat biaya, serta memberi kesehatan bagi Anda dan rumah

Baca juga: 5 Cara Membuat Dapur Lebih Ramah Lingkungan

 

Selain sedotan yang dapat digunakan kembali dan kantong belanja ramah lingkungan, kini mulai banyak peralatan ramah lingkungan yang masuk ke dapur. 

Jika berencana ingin mengganti barang-barang dapur lama dengan yang lebih ramah lingkungan, berikut enam peralatan dapur ramah lingkungan terbaik dilansir dari Roohome, Senin (29/11/2021). 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Saluran Air di Dapur

Handuk kain 

Ilustrasi serbet dapur. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi serbet dapur.
Handuk kertas menghasilkan sejumlah besar sampah yang langsung dibuang ke tempat pembuanga akhir dan mengakibatkan banyak pohon ditebang.

Jelas saja ini bukan peralatan dapur yang ramah lingkungan sehingga Anda harus segera meninggalkannya. Cobalah beralih menggunakan handuk kain atau serbet yang tentu dapat digunakan kembali berkali-kali. 

Jika menginginkan alternatif yang tidak dapat dibedakan dari handuk kertas, handuk bambu adalah cara yang tepat. Handuk ini dapat dicuci lebih dari 100 kali serta memiliki dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan.  

Baca juga: 3 Tips Menciptakan Dapur Zero Waste dan Ramah Lingkungan 

Wadah makanan yang dapat digunakan kembali

Wadah makanan silikon dapat dengan mudah menggantikan bungkus plastik dan aluminium foil saat menyimpan sisa makanan.

Selain itu, wadah makanan ini aman untuk microwave dan mengurangi jumlah yang diperlukan untuk membersihkan microwave. Item silikon sangat tahan lama, jadi Anda tidak perlu membeli apa pun di luar investasi awal untuk waktu yang lama. 

Baca juga: Cara Ramah Lingkungan untuk Membuang Minyak Goreng 

Tas produksi yang dapat digunakan kembali

Ilustrasi tas belanja. Ilustrasi tas belanja.
Kesadaran lingkungan dapat dimulai dari dapur. Mulailah dari beralih ke tas yang dapat digunakan kembali daripada kantong plastik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.