Kompas.com - 25/11/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi nyamuk Anopheles, penyebab penyakit malaria SHUTTERSTOCK/SOMBOON BUNPROYIlustrasi nyamuk Anopheles, penyebab penyakit malaria

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran nyamuk di rumah tak hanya mengganggu, tapi juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria. 

Untuk membasmi nyamuk di rumah, biasanya banyak orang menggunakan semprotan berbasis bahan kimia. 

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah

Namun, cara ini tidak aman ketika ada anggota keluarga yang memiliki masalah pernapasan, anak kecil, hewan peliharaan di rumah. 

Melansir dari Hunker, Kamis (25/11/2021), salah satu bahan alami untuk mengusir nyamuk adalah cuka. Metode cuka ini relatif mudah dan murah dalam menangkal nyamuk. 

Nyamuk dapat merasakan sesuatu dengan kaki mereka. Ketika mendarat pada sesuatu yang mengeluarkan bau kuat seperti cuka, nyamuk akan menghindarinya. 

Untuk membuat semprotan alami ini, cukup campurkan satu cangkir cuka putih dengan tiga cangkir air, lalu tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring agar larutannya lebih efektif. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tips Membasmi Nyamuk di Rumah dengan Cuka dan Cara Membuatnya

Membuat perangkap nyamuk

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.
Solusi lain yang dapat digunakan untuk membasmi nyamuk di rumah adalah membuat perangkap nyamuk. 

Caranya, isi sebuah botol dengan air, cuka, dan baking soda. Aduk sampai semuanya tercampur rata dan campurannya ini nantinya dapat menarik nyamuk.

Baca juga: 5 Bunga Pengusir Nyamuk, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Nyamuk akan berterbangan di atas botol, lalu ke bawah lubang botol, dan akhirnya tenggelam.

Untuk membuat lubang tersebut, potong bagian atas botol air sekitar 10 sentimeter ke bawah dan balikkan ke bagian bawah botol yang dipotong untuk membuat corong.

Tutupi botol dengan kertas hitam atau cat hitam, yang akan membingungkan nyamuk begitu memasuki perangkap. 

Baca juga: 7 Manfaat Menanam Kenikir di Rumah, Bisa Dimakan dan Membasmi Nyamuk

Tuangkan seperempat cangkir baking soda ke dalam botol dan secangkir cuka. Busa akan mengeluarkan karbon dioksida serta menarik nyamuk.

Namun, metode ini hanya berfungsi untuk waktu singkat. Jadi, buatlah beberapa dan letakkan di ruang kecil yang menjadi magnet nyamuk  seperti balkon atau teras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.