Kompas.com - 22/11/2021, 08:32 WIB
Ilustrasi cangkang telur sebagai pupuk tanaman. PIXABAY/JUANITA MULDERIlustrasi cangkang telur sebagai pupuk tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menggunakan telur sebagai bahan makanan, jangan langsung membuang cangkangnya. Hancurkan dan gunakan cangkang telur untuk membantu tanaman tumbuh subur.

Cangkang telur bertindak seperti pupuk alami, menyediakan nutrisi yang berharga bagi tanaman.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (22/11/2021), berikut beragam manfaat cangkang telur untuk tanaman tertentu. Dalam artian, tanaman-tanaman ini memperoleh manfaat dari cangkang telur, baik sebagai pupuk alami maupun pestisida

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Peragaan penggunaan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida oleh tim KKN-PPM Virtual Integratif Universitas Padjadjaran tahun 2021.Dok. Unpad Peragaan penggunaan limbah cangkang telur sebagai pupuk dan biopestisida oleh tim KKN-PPM Virtual Integratif Universitas Padjadjaran tahun 2021.

1. Tanaman yang rawan diserang siput

Untuk tanaman yang rentan terhadap kerusakan oleh siput, seperti tomat dan marigold, cangkang telur adalah sarana pertahanan yang baik.

Lapisan cangkang telur yang dihancurkan secara kasar mengelilingi tanaman adalah penghalang mematikan bagi siput, karena tubuh lunak mereka dihancurkan oleh tepi cangkang telur yang bergerigi.

Terbaik dari semua, menggunakan cangkang telur untuk menangani siput adalah alternatif alami untuk pestisida kimia.

2. Tanaman cabai, tomat, dan terung

Busuk ujung bunga adalah masalah serius ketika menanam tomat, cabai dan terong dan dapat menghancurkan seluruh tanaman. Seringkali disebabkan oleh kekurangan kalsium, kondisi ini menyebabkan luka gelap dan busuk pada sayuran.

Baca juga: 8 Manfaat Cangkang Telur, Jangan Buru-buru Dibuang

Lapisan cangkang telur yang dihancurkan, ditempatkan di lubang tanam untuk sayuran ini, adalah cara sederhana untuk memerangi penyakit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.