Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mencari Kucing Hilang agar Segera Kembali ke Rumah

Kompas.com - 20/11/2021, 18:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mendapati kucing kesayangan Anda hilang dan tak kembali ke rumah tentu membuat Anda panik dan khawatir.

Selain itu, kebingungan juga kerap melanda para pemilik kucing karena tidak tahu harus mencari ke mana dan dengan cara apa agar si kucing kembali.

Ada sejumlah tips yang bisa Anda praktikkan ketika kucing peliharaan hilang dan segera kembali ke rumah. Melansir dari PetMD pada Sabtu (20/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: 3 Penyakit yang Mengintai Kucing saat Musim Hujan

Buat rumah kardus

Potong lubang seukuran kucing di samping dan letakkan di luar ruangan dengan alas empuk di dalamnya. Jadikan ini tempat yang aman untuk kucing Anda ketika ia kembali. Tempatkan makanan dan air di dekat kandangnya.

Mencari di malam hari

Waktu terbaik untuk mencari kucing yang hilang adalah saat dunia tertidur. Kerangka waktu terbaik adalah sekitar pukul 2:00 pagi.

Pergi keluar dengan senter dan makanan kucing. Anda dapat membawa beberapa kaleng makanan kucing, berdiri di tempat terbuka dan membunyikan kaleng makanan atau mengocok toples makanan.

Baca juga: 3 Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Peliharaan di Rumah

 

Anda akan terkejut bagaimana suara dapat menyebar di keheningan pagi hari, dan seringkali kucing Anda akan muncul dalam beberapa menit setelah kaleng pertama dibuka.

Pemilik kucing yang giat juga telah merekam suara pembuka kaleng mereka yang membuka kaleng makanan, dan memutar kaset itu berulang-ulang sambil mencari kucing mereka yang hilang.

Baca juga: Bahayakah Kucing Makan Tulang Ayam?

Membuat selebaran

Sertakan gambar kucing Anda dan tawarkan hadiah sebagai imbalan bagi yang menemukan. Pasang selebaran ini di toko kelontong, di kantor dokter hewan, toko pakan, di mana pun. Jangan masukkan ke dalam kotak surat.

Anda bisa mendapat masalah karena melakukan ini. Berjalanlah di lingkungan Anda dengan selebaran ini, letakkan di tiang telepon, dan bicaralah dengan orang-orang di lingkungan tersebut.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Peliharaan Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Posting di media sosial

Jangan lupa untuk mengunggah kehilangan kucing Anda di media sosial dan menghubungi komunitas-komunitas kucing terkait seperti komunitas pecinta hewan, pecinta kucing dan lainnya.

Pancing dengan hewan mati

Jika Anda melihat hewan mati di jalan dekat rumah Anda, singkirkan dengan sekop dan bawa ke rumput liar di jalan.

Baca juga: Tips Memilih Mangkuk Makan Terbaik untuk Kucing

 

Ada kasus di mana kucing domestik menjadi penasaran tentang pembunuhan di jalan dan pergi keluar untuk menyelidiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com