Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 5 Cara Mudah Mengatasi Kloset Mampet Tanpa Menyedot

Kompas.com - 20/11/2021, 16:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset mampet sangat mengganggu dan harus segera diatasi. Sebab, jika Anda menunda untuk mengatasi kloset mampet, maka ini akan mengganggu kenyamanan dan aktivitas sanitasi Anda sekeluarga.

Ada beberapa cara mengatasi kloset mampet dengan menggunakan sejumlah bahan yang ada di rumah. Anda dapat menggunakannya untuk membantu agar saluran air dan pembuangan kloset kembali lancar.

Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (20/11/2021), berikut beberapa cara mengatasi kloset mampet yang dapat Anda lakukan sendiri.

Baca juga: Bahaya Tidak Menutup Kloset Duduk Saat Menyiram

Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.SHUTTERSTOCK/THAMYRIS SALGUEIRO Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

1. Gunakan sabun cuci piring

Untuk membersihkan kloset mampet tanpa penyedot, pergilah ke dapur untuk mengambil sabun cuci piring.

Sabun yang licin akan membantu melumasi pipa yang tersumbat dan memungkinkan puing atau kototan yang tersangkut meluncur ke bawah dengan lebih mudah.

Tuangkan sekitar setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam toilet. Jika Anda kehabisan sabun cuci piring, potong sabun batang menjadi potongan-potongan kecil dan buang potongan-potongan itu ke kloset.

2. Tambahkan air panas

Jika sabun cuci piring saja tidak berhasil, menambahkan air mungkin akan memindahkan semuanya. Isi ember dengan air panas namun tidak mendidih, sebab air mendidih bisa membuat kloset retak atau pecah.

Baca juga: Murah Meriah, Ini 6 Cara Tak Terduga Membersihkan Kloset

Kemudian, tuangkan air ke dalam kloset setinggi pinggang. Kekuatan air dapat mengeluarkan apa pun yang menyebabkan penyumbatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com