Kompas.com - 20/11/2021, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagai negara tropis, Indonesia mengalami dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau.

Saat musim hujan, cuaca cenderung dingin dan lembab. Hal ini menimbulkan sejumlah penyakit yang mengintai manusia seperti demam berdarah, gigitan nyamuk, dan serangga lainnya.

Namun, tak hanya manusia yang harus waspada dengan sejumlah penyakit saat musim hujan, kucing juga tak boleh luput dari perhatian.

Melansir dari akun Instagram Vetopet pada Sabtu (20/11/2021) berikut ini sejumlah penyakit yang mengintai anabul kesayangan saat musim hujan, pemilik wajib waspada!

Baca juga: Bahayakah Kucing Makan Tulang Ayam?

Feline Infectious Peritonis (FIP)

Menurut Cornell University, Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah penyakit virus pada kucing yang disebabkan oleh jenis virus tertentu yang disebut feline coronavirus.

Sebagian besar jenis virus corona kucing ditemukan di saluran pencernaan dan tidak menyebabkan penyakit yang signifikan. Ini disebut sebagai feline enteric coronavirus (FeCV).

Baca juga: 4 Alasan Kucing Suka Memijat

Kucing yang terinfeksi FeCV biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun selama infeksi virus awal, tetapi kadang-kadang dapat mengalami diare singkat dan/atau tanda-tanda saluran pernapasan atas ringan yang membuat mereka sembuh secara spontan.

Meski begitu, untuk sejumlah kucing dengan kondisi kesehatan yang buruk, jika tertular penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Lapar

Feline Panleukopenia

Di masa lalu, panleukopenia kucing (FP) adalah penyebab utama kematian pada kucing. Saat ini, ini adalah penyakit yang tidak umum, sebagian besar karena ketersediaan dan penggunaan vaksin yang sangat efektif. Penyakit ini juga disebut distemper kucing atau parvo kucing.

Feline panleukopenia (FP) adalah penyakit virus kucing yang sangat menular yang disebabkan oleh feline parvovirus. Ini biasanya menyerang anak kucing.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Peliharaan Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.