Kompas.com - 20/11/2021, 09:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing yang hidup bebas dan liar menjalani kehidupan yang kompleks.

Mereka mempertahankan wilayah yang jauh lebih besar daripada yang disadari kebanyakan orang, dan wilayah ini sering berisi berbagai lingkungan, seperti hutan, lahan pertanian, taman kota, dan pekarangan.

Di dalam wilayah ini, kucing menjelajah, berburu, dan mengais makanan sendirian. Mereka hanya sesekali berinteraksi dengan kucing lain.

Baca juga: Bahayakah Kucing Makan Tulang Ayam?

 

Mereka tidak hidup berkelompok atau bahkan berpasangan, dan mereka tidak mencari kontak dengan kucing lain.

Bahkan, mereka secara aktif menghindarinya. Mempertimbangkan perilaku alami kucing ini, tidak mengherankan bahwa akan sangat sulit untuk memasukkan kucing baru ke dalam wilayah kucing yang sudah dihuni sebelumnya, meskipun itu adalah rumah Anda sendiri.

Lalu, bagaimana mengenalkan kucing baru ke kucing peliharaan Anda di rumah? Melansir dari Paws pada Sabtu (20/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: 4 Alasan Kucing Suka Memijat

Mengontrol kesan pertama

Kesan pertama yang dibuat kucing baru saat bertemu dengan kucing Anda sangatlah penting. Jika dua kucing menunjukkan agresi selama pertemuan pertama mereka, ini dapat mengatur mood untuk hubungan mereka di masa depan.

Untuk alasan ini, sebaiknya pisahkan kucing Anda dari kucing baru saat pertama kali membawanya pulang, sehingga mereka dapat mengontrol diri di pertemuan pertama.

Kedua kucing harus bisa mencium dan mendengar, tetapi tidak melihat atau menyentuh satu sama lain.

Setelah dua hingga tiga hari, ganti lokasi kucing sehingga mereka dapat menyelidiki bau satu sama lain. Ini juga memungkinkan kucing baru untuk menjelajahi bagian berbeda dari rumah Anda.

Baca juga: 4 Alasan Kucing Suka Memijat

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.