Kompas.com - 18/11/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Golden Hope. SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYOIlustrasi tanaman hias Aglonema Golden Hope.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan material yang dibutuhkan semua tanaman untuk mencukupi kebutuhan unsur hara, termasuk tanaman aglonema dan tanaman hias lainnya.

Ada begitu banyak jenis dan merek pupuk yang bisa digunakan untuk membuat aglonema dan tanaman hias lainnya subur. Namun, kamu bisa membuat racikan pupuk sendiri untuk aglonema dan tanaman hias lainnya. 

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Kamis (18/11/2021), berikut cara membuat pupuk racikan untuk aglonema dan tanaman hias lainnya tumbuh subur. 

Baca juga: Penyebab Aglonema Busuk Akar dan Cara Mencegahnya

Bahan-bahan

  • Micin
  • Air cucian beras sekitar lima liter
  • Rapid root plus

Cara meracik pupuk

  • Siapkan air cucian beras dalam wadah

Langkah pertama yanga perlu dilakukan adalah menyiapkan air cucian beras sekitar lima liter di dalam wadah berupa ember.

Air cucian beras berguna menyegarkan dan menghilangkan stres pada tanaman sekaligus membuat tanaman tahan dari penyakit. 

Baca juga: Cara Membuat Akar Aglonema Subur dan Lebat

  • Masukkan lima gram micin

Masukkan lima gram micin ke air cucian beras, lalu aduk-aduk sampai larut merata. Micin berguna menyuburkan tanaman, membuat daun lebih besar, serta merangsang pertumbuhan.

  • Masukkan rapid root plus

Setelah melarutkan air cucian beras dan micin, masukkan sekitar lima gram rapid root plus dan aduk kembali sampai larut merata.

Rapid root plus adalah perangsang akar yang dapat membuat akar tanaman lebih cepat keluar. Semakin banyak akar muda tanaman yang keluar, semakin membuat penyerapan nutrisi tanaman maksimal. 

Baca juga: Penyebab Munculnya Ulat pada Tanaman Aglonema dan Cara Membasminya

  • Siramkan pupuk racikan ke tanaman

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pupuk racikan untuk membuat aglonema dan tanaman hias lainnya subur sudah siap digunakan. 

Saatnya, tinggal menyiramkan pupuk racikan tersebut ke tanaman. Siramkan pupuk racikan secukupnya ke bagian media tanam dan batang tanaman. 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema Tetap Tumbuh Subur walau Tanpa Akar

Untuk tanaman aglonema, pastikan proses penyiraman pupuk racikan tidak mengenai daunnya karena dapat membuat daun aglonema meninggalkan bercak putih dan lama-kelamaan akan menutup stomata daun.

Lakukan penyiraman pupuk racikan ini pada pagi atau sore hari setiap satu bulan sekali atau tiga minggu sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.