Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing Terkuat yang Bisa Membantu Pekerjaan Manusia

Kompas.com - 18/11/2021, 09:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hubungan antara manusia dan anjing telah terjalin sangat lama. Awalnya, orang-orang membiakkan anjing untuk dijinakkan guna membantu pekerjaan manusia.

Mulai dari, berburu, bertani, menggembala, hingga pekerjaan menantang lainnya. Anjing-anjing ini adalah ras kuat dengan kecerdasan dan daya tahan tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Baca juga: Mengenal Anjing Shih Tzu, dari Sejarah, Karakteristik, dan Perawatan

Tak heran, kini, ras anjing ini dipilih untuk membantu tugas manusia yang lebih besar seperti menjadi anjing polisi dan militer atau anjing pelacak, anjing penjaga, serta anjing pencari dan penyelamat.

Anjing-anjing ini memiliki bakat alami dan menjalani pelatihan intensif. Beberapa di antaranya termasuk dalam kelompok Working or Herding American Kennel Club. 

Melansir dari The Spruce Pets, Kamis (18/11/2021), berikut enam ras anjing terkuat yang bisa membantu pekerjaan manusia.  

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memberi Tulang ke Anjing 

Rottweiler

Ilustrasi dua ekor anjing rottweiler.SHUTTERSTOCK Ilustrasi dua ekor anjing rottweiler.
Seperti banyak ras anjing, Rottweiler awalnya dibiakkan untuk menggiring hewan besar, menarik gerobak, dan sebagai anjing keamanan.

Untuk melakukan pekerjaan mereka, Rottweiler harus sangat besar dan kuat. Rottweiler masa kini masih cenderung menyenggol benda, hewan lain, dan manusia.

Rottweiler bisa menjadi anjing keluarga yang hebat, tetapi tidak direkomendasikan untuk keluarga dengan orang tua atau keluarga dan anak kecil.

Hal ini tak lain karena Rottweiler sangat kuat dan dorongan mereka dapat menggulingkan orang yang lemah fisik.  

Baca juga: Catat, Ini 5 Makanan dan Minuman Beracun bagi Anjing 

Great dane

Ilustrasi ras anjing great daneUnsplash/Marcelo Pinto Ilustrasi ras anjing great dane
Great dane sangat besar dan memiliki kepribadian manis dan tenang. Anjing ini sering disebut "raksasa lembut" dari dunia anjing.

Great Dane awalnya dibiakkan untuk memburu babi hutan yang kuat. Seiring waktu, great dane menjadi anjing pengawas dan sahabat keluarga.

Saat menjadi anjing keluarga yang populer, peternak secara selektif membiakkan kepribadian Great dane yang tangguh dan berburu menjadi anjing yang lembut serta manis yang kita kenal sekarang. 

Baca juga: 5 Alasan yang Membuat Anjing Menjilat Secara Berlebihan

Siberian husky

Ilustrasi anjing Siberian Husky.UNSPLASH/KT Ilustrasi anjing Siberian Husky.
Cerita Siberian husky sudah banyak diketahui pencinta anjing. Siberian husky dikenal memiliki kekuatan luar biasa yang mampu menarik kereta luncur berat melintasi medan bersalju yang menantang.

Sekitar 3.000 tahun lalu, suku nomaden Chukchi di Siberia pertama kali membiakkan anjing Chukchi untuk menarik kereta luncur berburu mereka yang berat melintasi jarak jauh.

Selain kekuatan kasar, anjing Chukchi memiliki bulu yang sangat tebal untuk menahan dingin dan metabolisme menakjubkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com