Kompas.com - 17/11/2021, 17:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Skincare telah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian besar orang, terutama para wanita. Penggunaan skincare secara rutin bisa membuat kondisi kulit tetap sehat dan terawat.

Namun, ketika produk skincare sudah kedaluwarsa, siapa pun pasti enggan dan takut menggunakannya karena bisa berisiko buruk bagi kulit.

Meski begitu, produk skincare yang sudah kedaluwarsa masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan membersihkan rumah.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (17/11/2021), berikut berbagai manfaat skincare kedaluwarsa untuk membersihkan rumah

Baca juga: 6 Manfaat Kantung Teh Bekas untuk Membersihkan Rumah

Micellar water

Micellar water yang kedaluwarsa bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih perabotan berbahan porselen.

Cukup tuangkan micellar water yang sudah kedaluwarsa ke kain lap bersih, lalu lap permukaan perabotan porselen untuk mengangkat debu dan bercak mengering. 

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Boraks untuk Membersihkan Rumah

Moisturizer

Moisturizer atau pelembap kedaluwarsa bisa digunakan sebagai bahan pelembap untuk beragam jenis aksesori berbahan kulit agar tidak dihinggapi jamur dan menjadi rusak.

Meski begitu, perhatikan jenis moisturizer yang hendak digunakan. Pastikan moisturizer tidak mengandung pemutih demi mencegah warna pada bahan peralatan berbahan kulit yang mudah luntur.   

Baca juga: Fungsi dan Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah

Toner

Manfaatkan toner kedaluwarsa untuk membersihkan beberapa barang dan perabotan rumah. Bila toner mengandung alkohol, bisa menggunakannya sebagai bahan pembersih kaca, cermin, hingga layar smartphone yang sudah kotor dan bernoda.

Sementara itu, untuk toner yang tidak mengandung alkohol, manfaatkan untuk membersihkan permukaan sepatu dan furnitur

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.