Kompas.com - 11/11/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi ras anjing Border Collie. PIXABAY/JACUELINE GALANDIlustrasi ras anjing Border Collie.

JAKARTA, KOMPAS.com--Kaburnya anjing peliharaan dari rumah bisa terjadi karena berbagai alasan. 

Terkadang anjing melarikan diri karena mereka tidak memiliki ikatan yang kuat dengan orang tua anjing mereka. Karena  jika anjing merasa ada yang tidak beres, mereka harus meninggalkan kawanan dan habitatnya.

Beberapa anjing melarikan diri karena merasa ditolak atau jauh dari rumah dan pemiliknya. Anjing lain mungkin terbawa oleh keinginan mereka untuk menjelajahi dan melihat hal-hal baru atau karena dorongan seks.

Penelitian juga mengatakan bahwa beberapa ras dengan sifat yang lebih mandiri, seperti Siberian husky, cenderung melarikan diri. Sementara itu, yang lain mungkin melarikan diri untuk menghormati naluri berburu mereka.

Sterilisasi membantu mencegah anjing kabur

Dilansir dari My Animals, Kamis (11/11/2021), sejumlah besar anjing melarikan diri karena naluri seksual mereka, terutama laki-laki. Dalam kasus ini, melakukan kebiri pada anjing biasanya berhasil mencegahnya melarikan diri.

Selain itu, kebiri juga mampu menyeimbangkan temperamennya dan mengurangi agresi.

Baca juga: Bukan karena Melihat Hantu, Ini Alasan Mengapa Anjing Melolong

Penyebab anjing kabur

Penting untuk dipahami bahwa melakukan kebiri pada hewan tidak semerta-merta menghilangkan hasrat seksual mereka. Artinya, kamu juga harus melatih anjingmu untuk tidak lari.

Namun, sebagian besar anjing agak melunak dan memiliki dorongan seks yang lebih rendah setelah prosedur kebiri dilakukan.

Hal ini terutama berlaku untuk laki-laki yang dikebiri sebelum kontak seksual dengan perempuan. Itu sebaiknya terjadi di tahun pertama kehidupan mereka.

Cara mencegah anjing kabur dari rumah

Sekarang setelah kita mengetahui alasan utama anjing kabur dari rumah, kamu juga sebaiknya tahu bagaimana mencegah agar hal ini tidak terjadi. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Animals
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.