Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2021, 07:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga kecombrang sudah lama dikenal dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat beragam masakan yang lezat. Anda pun dapat menanam tanaman bunga kecombrang (Etlingera elatior) di pekarangan rumah.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (11/11/2021), tanaman bunga kecombrang adalah salah satu varietas tanaman jahe dalam famili Zingiberaceae, famili yang sama dengan tanaman jahe yang dapat dimakan (Zingiber officinale) yang biasa digunakan di dapur.

Tanaman bunga kecombrang membutuhkan perawatan dan kondisi pertumbuhan yang tepat untuk berkembang dan mekar.

Baca juga: 8 Tips Menanam Bibit Bunga Matahari di Rumah

Ilustrasi rias atau kecombrang. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi rias atau kecombrang.

Tanaman bunga kecombrang berasal dari Malaysia, Indonesia, Papua Nugini, dan Thailand. Ini adalah tanaman hias tropis yang populer dan dapat digunakan untuk bunga potong dan bahan makanan.

Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 3 hingga 4 meter dalam kondisi pertumbuhan yang baik, tetapi di cuaca yang lebih dingin, tanaman mungkin lebih kecil. Tanaman bunga kecombrang memiliki sistem akar rimpang.

Kuncup bunga kecombrang digunakan untuk membuat rujak, laksa, dan makanan lainnya, serta bunganya juga menjadi hiasan yang lezat untuk sup.

Dalam beberapa bentuk pengobatan herbal, buahnya direbus dan digunakan untuk mengobati sakit telinga, dan daunnya direbus untuk membersihkan luka.

Baca juga: 7 Jenis Bunga yang Cocok Dikeringkan untuk Dekorasi Ruangan

Menanam tanaman bunga kecombrang

Pilih lokasi tanaman yang mendapat sinar matahari penuh untuk berpisah, meskipun toleran terhadap kondisi teduh. Pastikan tanaman bunga kecombrang tidak terkena angin kencang yang dapat mematahkan batang tanaman, saran Missouri Botanical Garden.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com