Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 08:32 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sakelar lampu merupakan perangkat listrik yang paling umum ada di permukaan dinding rumah untuk mengoperasikan lampu listrik.

Namun, karena sering dipencet terus-menerus untuk menyalakan dan mematikan lampu, itu bisa membuat sakelar lampu pada akhirnya menjadi aus.

Lama-kelamaan, sakelar lampu yang sudah aus bisa menjadi rusak dan perlu diganti.

Baca juga: Sering Terlewati, Ini Cara Membersihkan Sakelar Lampu

Untuk itu, kamu perlu tahu hal-hal yang menandakan sakelar lampu mulai rusak, sehingga bisa segera menggantinya sebelum benar-benar rusak.

Dilansir dari Kaodim, Rabu (10/11/2021), berikut ini 5 hal yang menandakan sakelar lampu di dinding rusak.

1. Lampu tidak langsung menyala

Ketika sakelar lampu sudah ditekan ke posisi on, apakah lampumu memerlukan waktu beberapa saat untuk menyala atau berkedip sebelum menyala sepenuhnya?

Jika iya, ini bisa menjadi tanda bahwa komponen logam di dalam sakelar lampu telah aus, sehingga gagal untuk menyelesaikan konduksi listrik yang diperlukan untuk menyelesaikan rangkaian.

Baca juga: Lampu Kristal di Rumah Bagus Menurut Feng Shui, Ini Manfaatnya

Meskipun hal ini hanya terjadi sesekali, disarankan untuk mengganti sakelar sebelum menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen lainnya.

2. Timbul percikan api

Mungkin kamu tak jarang melihat percikan api kecil datang dari dalam sakelar lampu saat ingin menghidupkan atau mematikan lampu.

Ini bisa terjadi ketika listrik melompat di antara koneksi saat mereka saling menjauh. Hal ini normal dalam banyak kasus dan tidak menunjukkan masalah.

Namun, percikan api yang lebih besar atau percikan api yang mengeluarkan suara bising merupakan indikasi masalah pada sakelar lampu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com