Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 12:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara kucing di dalam rumah berarti siap untuk menemukan bulu kucing yang rontok di berbagai tempat. Selain itu, kucing merupakan hewan yang suka menggaruk di beberapa permukaan.

Melansir dari laman Hillspet, Jumat (5/11/2021) kucing dilahirkan untuk menggaruk dan bagi kucing, menggaruk adalah naluri yang mendahului domestikasi mereka.

Namun, kucing juga makhluk yang nyaman dan akan menghabiskan banyak waktu di sofa dan sedikit banyak akan meninggalkan bulu. Sebagai gantinya, pilih salah satu kain berikut, yang terlihat bagus dan cocok seperti serat mikro, suede imitasi, denim, poliester sintetis, rayon, nilon atau akrilik.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Pasir Kucing Beserta Keunggulannya

Dari jumlah tersebut, microfiber adalah pilihan tepat karena nyaman dan bergaya, namun kokoh. Jika kucing Anda mencakarnya, serat mikro dapat bertahan hingga beberapa goresan.

Bahan imitasi seperti suede dan sintetis tidak lagi dianggap ketinggalan zaman dan, pada kenyataannya, sekarang lebih populer dari sebelumnya berkat perubahan tren desain dan pembaruan tekstur kain itu sendiri.

Architectural Digest menyarankan pemilik kucing untuk tetap menggunakan kain yang ditenun dengan rapat" dan hindari pelapis yang ditenun atau dilingkarkan, seperti linen dan wol.

Mengapa? Karena kucing Anda akan melihat lingkaran kecil atau benang nubby itu dan berpikir jika itu adalah mainannya. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Ini Tidak Punya Bulu, Penampilannya Unik

Apa bahan furnitur terbaik saat memelihara kucing?

Jika Anda mencari furnitur non-kain, seperti meja makan dan kursi atau meja kopi, pertimbangkan untuk membeli furnitur sintetis atau kayu olahan dengan permukaan halus yang tidak dapat dicakar oleh kucing.

Beberapa kucing melihat kaki furnitur kayu sebagai pohon kecil yang sempurna untuk mengasah cakar, tetapi dengan waktu dan kesabaran, Anda dapat mengajari kucing untuk mengarahkan insting mereka dan memilih tiang garukan kucing, tegas Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA) di Queensland, Australia.

Anda bahkan dapat membuat pos garukan kucing sendiri untuk memikat mereka.

Bahan yang harus dihindari

Saat berbelanja furnitur dan barang-barang rumah tangga lainnya, hindari bahan seperti chenille, katun, tweed, dan sutra yang mudah tersangkut cakar kucing. Ini adalah kain serbaguna dan hebat, tetapi simpanlah untuk barang-barang yang jauh dari jangkauan kucing.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com