Kompas.com - 04/11/2021, 22:30 WIB
Ilustrasi tanaman herbal di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/OLGA MILTSOVAIlustrasi tanaman herbal di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan membuat tubuh rentan terhadap sakit dan penyakit. Apabila daya tahan tubuh tidak terjaga dengan baik, tubuh menjadi mudah sakit selama musim hujan.

Untuk itu, perlu menjaga imunitas tubuh selama musim hujan. Salah satunya, memiliki tanaman penambah kekebalan tubuh. 

Dilansir dari Times of India, Kamis (4/11/2021), berikut ini lima tanaman penambah kekebalan tubuh yang perlu dimiliki saat musim hujan. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan di Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Mint

Ilustrasi tanaman mint. UNSPLASH/ELEANOR CHEN Ilustrasi tanaman mint.
Mint dikenal karena karminatif, antiseptik, antibakteri, antivirus, antispasmodik, antioksidan, antiinflamasi, myorelaksan, ekspektoran, analgesik, tonik, dan vasodilatator.

Jadi, tanaman satu ini sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat musim hujan. 

Tulsi

Tulsi terbukti secara ilmiah dapat melawan stres kimia akibat polusi. Ini adalah tanaman yang sempurna untuk digunakan selama musim hujan berlangsung.

Baca juga: 7 Tips Merawat Taman di Musim Hujan 

Mulethi

Mulethi memiliki anti-inflamasi, antimikroba, antiulcer, antidiabetes, serta antidepresan. Tanaman ini juga meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi jantung, serta mengontrol kadar kolesterol. 

Jahe

Ilustrasi jahe.shutterstock.com/Charoenkrung_Studio99 Ilustrasi jahe.
Jahe adalah tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional.

Ramuan yang luar biasa ini telah digunakan dalam sistem pengobatan kuno untuk pengobatan berbagai penyakit seperti pilek, mual, radang sendi, migrain, dan hipertensi.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Bisa Mencerahkan Rumah

Coriander

Ramuan yang mudah tumbuh ini harus dimiliki setiap taman rumah. Tanaman ini tidak hanya bermanfaat untuk kuliner, tetapi juga pengobatan. 

Tanaman ini memberikan aktivitas antimikroba, antioksidan, hipoglikemik, hipolipidemik, ansiolitik, analgesik, antiinflamasi, antikejang, hingga antikanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.