Kompas.com - 03/11/2021, 21:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemakaian berbagai alat elektronik secara bersamaan dapat meningkatkan biaya listrik di dalam rumah. Terlebih bila alat elektronik tersebut memerlukan konsumsi daya listrik yang tinggi. 

Akan tetapi, melansir dari Country Living, Rabu (3/11/2021), sebenarnya ada banyak hal yang membuat tagihan listrik di rumah meningkat di samping penggunaan alat elektronik. Apa saja?

Berikut ini empat hal yang bisa meningkatkan biaya tagihan listrik di rumah.  

Baca juga: 5 Trik Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

Kumparan kulkas kotor

Kapan terakhir kali membersihkan gulungan di bagian belakang kulkas? Menurut Tap Warehouse, gulungan yang kotor membuat kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga makanan tetap dingin, yang berarti dapat membuat Anda membayar listrik lebih mahal.

Untuk memastikan kulkas tetap bersih dan tagihan listrik tidak naik, gulungan atau kumparan kulkas harus dibersihkan setahun sekali. Terlebih, kumparan kulkas yang kotor bisa mempersingkat usia pemakaian kulkas.  

Baca juga: 3 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

Keran menetes

Ilustrasi keran airUnsplash/Jos Speetjens Ilustrasi keran air
Keran bocor atau menetes adalah masalah yang disebabkan mesin cuci yang aus atau karet yang rusak. Hal ini ternyata dapat mengakibatkan tagihan air yang besar jika tidak segera diperbaiki.

Keran yang terus-menerus menetes dapat menggunakan lebih dari 450 liter air setiap tahun dan menambah biaya tagihan listrik.  

Baca juga: Ragam Cara agar Pemakaian Kulkas Hemat Listrik

Shower bocor

Ilustrasi shower, kepala shower.SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, kepala shower.
Sama dengan keran menetes, shower yang bocor bisa menggunakan lebih banyak air dalam waktu kurang dari lima menit daripada mandi.

Ketika air menetes dari kepala pancuran, air akan terbuang sia-sia. Untuk membantu menghemat biaya, perbaiki shower atau ganti dengan yang baru jika perbaikan tidak bisa dilakukan.  

Baca juga: 7 Cara Mencegah Tagihan Listrik Membengkak

Membiarkan keran tetap menyala saat mencuci piring

Tahukah Anda bahwa membilas piring selama 10 menit dapat membuang cukup air untuk mengisi bak mandi 100 liter?

Untuk lebih berhemat, gunakan bak cuci piring yang dapat menampung air bersih tersebut dan hanya menggunakan 10 liter air. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.