Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Tips Meletakkan Karpet agar Ruangan Tampak Besar

Kompas.com - 31/10/2021, 16:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan orang memiliki setidaknya satu ruangan kecil atau ruang di rumah yang berukuran lebih besar.

Ketika tidak dapat memperbesar ruang secara fisik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan elemen dekorasi yang tepat, salah satunya karpet. Namun, karpet harus diletakkan dengan tepat agar memiliki dampak yang sesuai keinginan.

Berikut beberapa tips meletakkan karpet agar ruangan tampak lebih besar dilansir dari The Spruce, Minggu (31/10/2021). 

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet agar Jadi Elemen Dekorasi Ruangan yang Menarik 

Karpet dinding ke dinding 

Memasang alat tenun dari dinding ke dinding di sebuah ruangan dapat membantu membuat ruang terasa lebih besar dengan memberikan kontinuitas.

Mengubah permukaan lantai memberikan pemberhentian visual dan permulaan untuk mata. Sebaliknya, meletakkan karpet memanjang dari dinding ke dinding tidak dapat menghentikan matam sehingga memberikan kesan bahwa ruang lebih besar dari sesungguhnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bulu dan Rambut Rontok yang Tersangkut di Karpet 

Ukuran karpet 

Ilustrasi karpetUnsplash/Spacejoy Ilustrasi karpet
Kunci menggunakan karpet area untuk membantu ruangan terlihat lebih besar adalah  menggunakan ukuran karpet yang tepaat.

Kesalahan dekorasi yang umum dilakukan orang adalah memilih karpet berukuran terlalu kecil sehingga membuat ruangan terlihat berombak, terputus-putus, serta lebih kecil.

Ukuran karpet yang tepat untuk ruangan akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk penempatan furnitur. Selalu ingat bahwa semua furnitur di sebuah ruangan harus diletakkan di atas karpet.

Jika tidak mungkin untuk mencapai ini, setidaknya memiliki kaki depan furnitur dengan potongan yang lebih besar di karpet. 

Baca juga: Cara Menjaga Jumbai Karpet agar Tidak Mudah Lusuh dan Lepas 

Warna

Kebanyakan orang akrab dengan gagasan bahwa warna terang membantu membuat ruangan terasa lebih besar daripada warna gelap.

Namun, bukan berarti Anda harus memasang karpet putih di seluruh ruangan di rumah. Menggunakan warna favorit yang lebih terang di seluruh ruang membantu memperluas ruang secara visual.

Selain itu, warna yang lebih terang memantulkan lebih banyak sinar matahari atau cahaya buatan daripada warna lebih gelap sehingga peningkatan cahaya pada ruangan berkontribusi pada perasaan yang lebih terbuka. 

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Karpet Ruang Keluarga

Pola

Jika memilih karpet yang berpola, pastikan ukuran pola disesuaikan dengan ukuran ruangan. Aturan praktisnya adalah pola yang lebih besar untuk ruangan yang lebih besar.

Namun, aturan ini lebih bergantung pada jumlah ruang lantai yang terlihat. Misalnya, ruang kecil yang tidak memiliki banyak furnitur dapat menggunakan karpet dengan pola lebih besar, sedangkan area luas yang penuh dengan furnitur memerlukan pola lebih kecil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com