Kompas.com - 28/10/2021, 22:13 WIB
Ilustrasi hujan KulkannIlustrasi hujan

JAKARTA, KOMPAS.comMusim hujan kini melanda sebagian besar daerah di Indonesia. Masalah pada rumah saat musim hujan pun tak bisa tereelakkan.

Untuk itu kamu diharapkan mempersiapkan rumahmu dengan baik untuk menghadapi musim hujan ini. Pasalnya, paparan air hujan yang terus-menerus bisa saja membuat ruangan lembap atau bahkan kebocoran.

Berikut adalah tips mempersiapkan rumah agar siap menghadapi musim hujan seperti dilansir dari Housing, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Kapan dan Berapa Banyak Tanaman Harus Disiram Setelah Hujan Deras?

1. Eksterior tahan hujan

Mari kita mulai dari bagian luar rumah terlebih dahulu, karena ini adalah bagian yang akan terkena hujan secara langsung dan di sinilah potensi rembesan masuk ke dalam rumah.

Di musim hujan, kelembaban yang terkumpul di tanah bisa naik ke atas. Akhirnya, kelembaban merembes melalui bagian luar rumah dan menyebabkan lembab di dinding bagian dalam.

Selain fakta bahwa rembesan air ini benar-benar berdampak pada kesehatan rumah, ini juga akan membuat rumah berbau tidak sedap, dingin, lembab, dan mengundang jamur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, periksalah apakah ada retakan atau kerusakan yang mungkin terlihat di dinding luar dan segera perbaiki. Cara lain yang efektif untuk mencegah rembesan, adalah dengan menggunakan cat tahan air pada dinding luar.

Seiring waktu, kamu perlu mengecat ulang bagian luar. Pemilik rumah dengan ruang terbuka yang luas, juga harus memastikan tidak ada penyumbatan saluran air atau talang jika terjadi hujan dan air hujan dapat mengalir dengan lancar.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian saat Musim Hujan

2. Teras tahan hujan

Seperti halnya dinding luar, teras memainkan peran yang sama pentingnya dalam menjaga rumah dari hujan.

Karena sebagian besar rumah memiliki atap datar, penting untuk memastikan bahwa air hujan bisa mengalir dengan lancar.

Halaman:


Sumber Housing
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.