Kompas.com - 28/10/2021, 15:46 WIB
Furnitur yang multifungsi, seperti tempat tidur dengan headboard lemari, bisa menghemat ruangan. FREEPIK/PRESSFOTOFurnitur yang multifungsi, seperti tempat tidur dengan headboard lemari, bisa menghemat ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur sempit bisa menjadi sebuah tantangan karena keterbatasan ruang yang dipunya.

Meski begitu, kamar tidur sempit bukan berarti tida bisa memberi kenyamanan untuk tidur dan beristirahat.  Kamu bisa membuat kamar tidur sempit menjadi nyaman dan teratur hanya dengan menerapkan beberapa cara. 

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (28/10/2021), berikut tips membuat kamar tidur sempit jadi lebih nyaman. 

Baca juga: Warna Merah di Kamar Tidur, Bagus atau Tidak Menurut Feng Shui?

Jangan gunakan warna cat terlalu banyak

Untuk kamar tidur sempit, sebaiknya tidak perlu menggunakan warna cat dinding terlalu banyak. Cukup gunakan satu warna cat untuk mewarnai kamar tidur sempit.

Kamu bisa mengaplikasikan cat putih untuk menciptakan ilusi kamar tidur semakin luas.

Menggunakan perabotan seperlunya

Memiliki kamar tidur sempit mengharuskan kamu untuk pandai memilih perabotan yang dibutuhkan. Pilih perabotan penting yang dibutuhkan di kamar tidur dengan ukuran yang tidak begitu besar. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur dengan Nuansa Warna Abu-abu

Manfaatkan dinding kosong

Karena kamar tidur sempit bisa membuat ruang di lantai menjadi sangat terbatas, kamu bisa memanfaatkan dinding kosong. Dinding kosong bisa dijadikan sebagai tempat memasang rak-rak yang berfungsi sebagai hiasan interior.

Gunakan cermin besar

Penempatan cermin besar pada kamar tidur sempit akan sangat membantu. Pantulan dari cermin bisa menghadirkan ilusi ruangan yang lebih besar. 

Baca juga: 5 Tips Menata Kamar Tidur yang Estetik ala Desainer Interior

Gunakan jendela yang sesuai

Apabila terdapat jendela di kamar tidur sempit, gunakan daun jendela yang sesuai. Untuk kamar tidur sempit, gunakan model jendela dengan bukaan digeser atau ke arah keluar agar ruangan tidak semakin sempit.

Hindari menggantung pakaian

Menggantung pakaian di kamar tidur sempit sebaiknya jangan pernah dilakukan. Sebab, hal ini akan membuat suasana di kamar semakin kecil, sumpek, dan berantakan. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Mandi Kecil agar Tampak Luas

Tambahkan karpet

Menggelar karpet atau permadani di lantai kamar tidur dapat memberi kenyamanan. Selain itu, penggunaan karpet di kamar tidur juga dapat membuat kesan ruangan terlihat lebih luas.

Rajin membersihkan kamar tidur

Untuk bisa mendapatkan kenyamanan, kebersihan adalah salah satu hal paling penting. Karena itu, kamu harus rajin membersihkan kamar tidur. Selalu siapkan sapu, lap basah, dan rapikan tempat tidur setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.