Kompas.com - 26/10/2021, 23:59 WIB
Ilustrasi AC di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/JR-STOCKIlustrasi AC di kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com-- Karena pemakaian, masalah kerusakan bisa terjadi pada pendingin ruangan atau air conditioner (AC) milikmu. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah adanya kebocoran yang meyebabkan air AC membasahi rumahmu.

Jika hal ini terjadi selama bulan-bulan panas, maka alasan kebocorannya adalah suhu di luar ruangan: dengan indeks panas yang meningkat, AC bekerja sangat keras untuk menjaga ruangan tetap dingin, terutama jika termostat berada pada pengaturan terendah.

Kebocoran pada AC termasuk normal, meskipun kamu mungkin ingin lebih memperhatikan pemeliharaan karena tidak ingin membuat unit AC milikmu terlalu banyak bekerja.

Kamu juga bisa membeli dehumidifier, yang akan membantu menghilangkan kelembapan berlebih dari udara. Dehumidifier membuat kelembaban dalam ruangan akan turun dan memudahkan AC untuk menurunkan suhu dalam ruangan.

Namun, jika kebocoran terjadi bahkan selama bulan-bulan yang lebih dingin, mungkin ada penyebab lain. Berikut adalah penyebab bocornya AC seperti dilansir dari Real Living, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Ini Alasan Pentingnya Membersihkan Filter AC

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Instalasi yang salah

Jika unitmu tergolong masih baru namun sudah bocor di dalam ruangan, kemungkinan ada bagian yang tidak terpasang dengan benar. Pendingin udara harus rata, yang membuat saluran pembuangannya miring ke arah luar rumah. Penyesuaian sederhana dari seorang profesional dapat memecahkan masalah.

2. Filter kotor

Debu dan kotoran mungkin menumpuk di filter udara, terutama jika kamu melewatkan pemeriksaan perawatan rutin selama lebih dari setahun.

Ini dapat menyumbat evaporator pada unit AC milikmu yang kemudian membuatnya membeku, dan menyebabkan wadah drainase meluap begitu es mencair.

3. Refrigerant hampir habis

Tingkat refrigeran yang rendah juga dapat menyebabkan evaporator membeku, dan akhirnya meluap ke wadah pembuangan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.