Kompas.com - 23/10/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi kamar mandi. PEXELS/CHRISTA GROVERIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memutuskan merenovasi kamar mandi membutuhkan sejumlah pertimbangan dan persiapan agar setiap prosesnya berjalan sempurna seperti desain yang cantik, penuh gaya, serta memberi kenyamanan. 

Pasalnya, jika tidak dipersiapkan, Anda harus mengulang kembali mendesain kamar mandi, Tentu saja, hal ini tidak hanya menguras keuangan, tetapi juga akan mengambil sebagian besar waktu berharga dan membuat stres.

Demi menghindari hal itu, berikut ini empat hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi kamar mandi dilansir dari American Home Shield, Sabtu (23/10/2021).  

Baca juga: 5 Benda Kamar Mandi yang Sangat Kotor dan Cara Membersihkannya

Jangan lupa merencanakan area sekitar pintu

Saat merenovasi kamar mandi, lebih mudah dan lebih murah untuk meninggalkan pipa ledeng di tempatnya serta memasang perlengkapan baru di tempat yang sama.

Jika akan memindahkan perlengkapan atau memasang lebih banyak lemari, jangan lupa bahwa Anda perlu meninggalkan ruang untuk membuka dan menutup pintu kamar mandi sepenuhnya. Anda tidak ingin memblokir pintu dan berakhir dengan privasi yang lebih sedikit.  

Untuk itu, jangan lupa merencanakan renovasi di area sekitar pintu kamar mandi. 

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Feng Shui yang Baik di Kamar Mandi

Ukur luas kamar mandi 

Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.SHUTTERSTOCK/MARRY JAYN Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.

Ketika merenovasi kamar mandi, Anda tidak bisa memasukkan semua perlengkapan dan furnitur ke dalam, terutama jika memiliki ruang terbatas di dalam ruangan. Itu berarti Anda harus melewatkan untuk tidak menggunakan wastafel ganda dan bathtub.

Merenovasi kamar mandi berarti bermanuver dan bekerja dengan perlengkapan besar serta berat di ruang sempit. Ukur kamar mandi dua kali untuk memperoleh ukuran yang tepat sehingga dapat membeli perlengkapan yang sesuai.

Rencanakan kamar mandi baru sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang waktu berjam-jam untuk mencoba memasukkan meja rias ke sudut yang terlalu kecil untuk meletakkan.  

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka 

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Ahs
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.