Kompas.com - 21/10/2021, 22:35 WIB
Ilustrasi kamar mandi Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi kamar mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara bahaya kesehatan di rumah, kita semua tahu bahwa kamar mandi menjadi ruangan di rumah yang rentan menularkan penyakit.

Hal ini karena kamar mandi dipenuhi dengan mikroba dan kuman dari kotoran manusia serta sisa-sisa kotoran yang tidak menyenangkan lainnya. 

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Feng Shui yang Baik di Kamar Mandi

Bakteri seperti jamur merah muda dan penjahat lainnya dapat bersembunyi di tempat-tempat sederhana. Meski rajin mencuci tangan dan membersihkan permukaan di kamar mandi, ada beberapa benda lain yang lupa dibersihkan.

Melansir dari The Spruce, Kamis (21/10/2021), berikut ini lima benda kamar mandi yang sangat kotor dan cara membersihkannya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka

Sakelar lampu, kenop pintu, dan gagang keran

Tidak semua orang rajin mencuci tangan setelah setiap ke kamar mandi. Tangan bisa sangat kotor ketika Anda hanya membuka pintu dan menyalakan lampu saat memasuki kamar manfi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kenop pintu, sakelar lampu, dan gagang keran dapat menampung kotoran tubuh, jamur, ragi, dan bakteri seperti E. coli dan Listeria yang dapat membuat anggota keluarga sakit parah. 

Siapkan tisu disinfektan dan bersihkan semuanya dengan cepat setidaknya sekali sehari. Lakukan lebih sering jika ada anggota keluarga yang flu. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Hidup dengan Baik di Kamar Mandi 

Kipas kamar mandi rusak

Ilustrasi exhaust fan.SHUTTERSTOCK/DUO STUDIO Ilustrasi exhaust fan.
Kipas atau ventilasi kamar mandi sangat penting untuk menghilangkan kelembapan berlebih yang menumpuk setelah mandi atau pancuran beruap. Namun, apakah itu bekerja dengan benar?

Jika kpas tidak memiliki ventilasi yang baik ke sistem pembuangan luar atau bagian dalam tertutup debu dan jamur, mungkin ada partikel berbahaya yang mensirkulasi ulang. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur dari Kamar Mandi

Sikat mandi, lulur, dan loofah

Sikat mandi, poof gosok, dan loofah sangat bagus untuk menghilangkan kotoran tubuh dan sel kulit mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.