Kompas.com - 21/10/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi vacuum cleaner. FREEPIK/YANALYAIlustrasi vacuum cleaner.

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner atau penyedot debu merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk menyedot atau membersihkan debu dari setiap permukaan atau benda di rumah seperti lantai, karpet, sofa, juga gorden

Namun, banyak orang yang tidak memahami dan menggunakan vacuum cleaner dengan tepat. Padahal, memahami cara menggunakan vacuum cleaner dengan benar dapat membuat lantai dan karpet menjadi lebih bersih serta segar.

Nah, melansir dari Bobvila, Kamis (21/10/2021), berikut ini tujuh kesalahan menggunakan vacuum cleaner yang sering dilakukan. 

Baca juga: Selain Karpet, Ini 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner

Tidak mengosongkan kantung secara rutin

Vacuum cleaner memiliki kantung atau wadah besar untuk mengumpulkan kotoran dan debu, tetapi tidak berarti harus menunggu wadah sampai penuh sebelum mengosongkannya.

Sebagian besar penyedot debu mulai kehilangan uap begitu kantungnya telah terisi sekitar dua pertiga.

Untuk itu, periksa kantung filter sebelum memulai dan berhenti sesekali guna mengosongkan isinya agar penyedot debu beroperasi dengan efisiensi maksimum. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ketahui, Kelebihan dan Kekurangan Robot Vacuum Cleaner

Tidak menyedot debu di kedua arah 

Ilustrasi vacuum cleaner.SHUTTERSTOCK/New Africa Ilustrasi vacuum cleaner.
Jika menghabiskan waktu menyedot debu hanya dalam satu arah, Anda tidak akan memungut semua debu dan kotoran yang mungkin ada—terutama jika menyangkut karpet.

Menyedot debu ke segala arah (utara, timur, selatan, dan barat) akan memastikan Anda mengangkat kotoran yang bersembunyi di dalam serat, terutama di area dengan lalu lintas tinggi. 

Baca juga: Catat, 8 Kotoran Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner

Tidak menggunakan lampiran yang tepat

Vacuum cleaner datang dengan alat lampiran karena suatu alasan. Penyedot debu telah secara khusus dikembangkan dan dirancang untuk membuat hidup lebih mudah.

Jangan menghindarinya hanya karena kelihatannya agak merepotkan. Alat celah, misalnya, melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam menyedot kotoran di sepanjang tepi karpet daripada metode dorong standar, menghasilkan alas tiang yang lebih bersih, sambungan di sepanjang dinding, dan tempat-tempat canggung lainnya di ruangan.  

Baca juga: Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner untuk Menyedot Debu pada Karpet

Halaman:


Sumber Bobvila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.