Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, 5 Hal yang Bisa Merusak Tampilan Eksterior Rumah

Kompas.com - 21/10/2021, 11:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk membuat tampilan rumah terlihat menarik dan memberi kesan positif dari luar, sebagian besar orang umumnya akan melakukan upaya terbaik dalam merancang eksterior rumahnya.

Namun, segala upaya yang dilakukan untuk menciptakan eksterior rumah terbaik mau tak mau akan berakhir dengan perubahan dan kerusakan seiring berjalannya waktu.

Entah kamu baru saja menyelesaikan pekerjaan mengecat dinding baru, memasang pelapis dinding vinil, atau memasang atap baru, berbagai elemen dapat memengaruhi bagian luar rumah.

Baca juga: Terungkap, Warna Cat Eksterior Rumah Terpopuler di Instagram

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Kamis (21/10/2021), berikut ini 5 hal yang selalu bisa merusak tampilan eksterior rumah. 

1. Sinar matahari

Meskipun hari yang cerah selalu menyenangkan, sinar matahari dapat menyebabkan cat atau pelapis dinding rumahmu memudar seiring waktu.

Sementara sebagian besar cat dan jenis pelapis dinding dibuat untuk menahan pudar sampai batas tertentu, sehingga perubahan masih bisa terjadi.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu harus selalu memilih cat berkualitas tinggi yang dibuat tahan pudar, dan juga memasang dinding berkualitas tinggi di rumah. 

Baca juga: Langkah Membersihkan Lumut dan Alga dari Dinding Eksterior

2. Suhu dingin

Jika kamu tinggal di daerah yang suhunya biasanya cukup dingin, hal ini juga dapat berdampak pada eksterior rumahmu. Suhu dingin meningkatkan kemungkinan cat tidak akan mengikat dengan benar, menyebabkan retak dan mengelupas.

Selain itu, suhu dingin dapat menyulitkan bahan atap, terutama sirap aspal. Pertimbangkan untuk memasang berbagai jenis bahan atap seperti atap genteng.

3. Kelembapan dan hujan

Tingkat kelembapan tinggi dan suhu hangat bisa terjadi adalah hal yang normal terjadi di suatu daerah, sehingga korosi dan karat bisa sangat umum, terutama pada atap genteng dan talang air logam.

Namun, apabila hal ini terjadi dan dibiarkan, akibatnya bisa terjadi kerusakan air baik di luar maupun di dalam rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com