Kompas.com - 20/10/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi kompor gas. SHUTTERSTOCK/BEBOOPAIIlustrasi kompor gas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor kaca menjadi salah satu jenis kompor yang populer karena memiliki tampilan lapisan yang lebih menarik dan mudah dibersihkan.

Meski begitu, kamu perlu berhati-hati saat hendak menyeka atau membersihkan lapisan kompor kaca. Kesalahan membersihkan dapat menyebabkan goresan dan kerusakan permanen pada kompor kaca. 

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (20/10/2021), berikut ini lima hal yang harus dihindari saat membersihkan kompor kaca. 

Baca juga: Panduan Aman dan Tepat untuk Membersihkan Kompor Kaca

Menggunakan spons yang kasar

Saat hendak mengelap atau membersihkan permukaan kompor kaca, hindari penggunaan sisi kasar pada spons cuci piring.

Sebab, sisi kasar spons cuci piring terlalu abrasif dan dapat menyebabkan goresan permukaan. Untuk itu, gunakan sisi spons yang lembut untuj mengelap atau membersihkan kompor kaca

Baca juga: Kompor Gas Tidak Mau Menyala? Ini Penyebab dan Solusinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan sabut kawat cuci piring

Menggunakan sisi kasar spons cuci piring saja dapat meninggalkan goresan pada permukaan kaca kompor, apalagi sabut kawat cuci piring. 

Selain itu, sabut kawat cuci piring dapat meninggalkan lubang yang dalam pada permukaan kompor kaca. Pada akhirnya, makanan bisa tersangkut di celah-celah ini dan meninggalkan bekas goresan pada kompor kaca. 

Untuk menghilangkan kotoran yang keras dan kering, pilihan terbaik adalah mengandalkan pisau silet. Pegang silet pada sudut 45 derajat dan singkirkan kotoran dari permukaan kaca. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Berdasarkan Jenisnya

Membersihkan kompor kaca saat masih panas

Sebelum membersihkan kompor kaca, pastikan kompor dalam keadaan dingin. Sebab, kompor kaca yang masih panas dapat membuat bahan pembersihdengan cepat membakar dan merusak lapisan kaca serta meninggalkan lubang atau gundukan yang tak diinginkan.

Menggosok dengan kuat

Saat membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan, hindari menggosok atau membersihkan dengan kuat. Memberi terlalu banyak tekanan dapat mengakibatkan kaca kompor menjadi retak. Sebaiknya, gosok kompor dengan ringan atau pelan. 

Baca juga: Amankah Meletakkan Kulkas Berdekatan dengan Kompor?

Menggunakan pembersih kaca

Tampaknya logis untuk menggunakan pembersih kaca di atas kompor kaca, tapi itu bukan ide bagus. Kandungan amonia dalam pembersih kaca terlalu kuat untuk membersihkan bagian atas kompor kaca dan dapat menyebabkan kerusakan.

Alternatif bahan pembersih yang lebih baik digunakan untuk kompor kaca adalah cuka putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.